Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ini Kota Kecil, kalau Ada Angkutan Online Habislah Penumpang Angkot"

Kompas.com - 31/07/2017, 15:23 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Angkutan kota dari berbagai jurusan yang beroperasi di Kota Sukabumi, Jawa Barat, mogok beroperasi memrotes muncuknya ojek dan taksi daring, Senin (31/7/2017).

Akibat angkot mogok beroperasi, banyak penumpang untuk berbagai jurusan telantar.

Perwakilan pengurus angkot dari masing-masing jurusan mendatangi kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi di Jalan Arif Rahman Hakim. Sementara di luar kantor, puluhan awak angkot menunggu.

"Ini kota kecil Pak, penumpangnya juga tidak banyak. Sekarang ada angkutan online, habislah sudah para penumpang angkot," ungkap salah seorang sopir, Agus (35) saat berbincang dengan Kompas.com di depan kantor Dishub, Senin siang.

Baca juga: Kaltim Akan Punya Bisnis Ojek "Online" Sendiri

Padahal, lanjut dia, setiap hari para sopir angkot harus setor kepada pemilik Rp 100.000. Belum lagi harus membayar biaya lain selama beroperasi, seperti biaya jalur.

"Sekarang kalau pulang ke rumah paling bawa uang sekitar Rp 40.000, kalau sebelum-belumnya, alhamdulilah bisa mencapai Rp 100.000," ujar dia.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, para penumpang yang telantar menumpuk di sejumlah lokasi, salah satunya persimpangan Degung. Mayoritas para penumpang di lokasi ini hendak pergi Cisaat.

Para penumpang yang telantar akhirnya diangkut mobil operasional Polres Sukabumi Kota dan Dishub Kota Sukabumi. Mereka juga menumpang mobil-mobil bak terbuka yang dicegat oleh anggota kepolisian.

"Saya mau ke Cisaat. Kalau tadi pagi saat saya ke Sukabumi masih pakai angkot, tapi sekarang tidak ada, katanya angkot mogok," kata seorang calon penumpang asal Cisaat, Baban (45).

Baca juga: Redam Konflik Angkot-Ojek "Online", Ini yang Dilakukan Pemkot dan Pemkab Bogor

Aksi mogok ini dilakukan di antaranya sopir angkot jurusan Sukabumi-Sukaraja dengan nomor lambung 01, Sukabumi-Cisaat dengan nomor lambung 08, Sukabumi-Selabintana dengan nomor lambung 10 dan jurusan Bhayangkara, Nanggeleng.

Kompas TV Aturan Baru Angkutan Online - Berkas Kompas
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com