Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Sumur Ambles, Kediri Tanggap Darurat 14 Hari

Kompas.com - 02/05/2017, 18:03 WIB
M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menetapkan status tanggap darurat atas peristiwa ratusan sumur yang ambles di wilayahnya.

Kepala BPBD Kabupaten Kediri Randy Agatha mengatakan, status tersebut secara prosedural berdurasi 14 hari. Namun, mengingat peristiwa sumur ambles masih saja terjadi, kemungkinan durasinya akan diperpanjang.

"Kami akan melakukan kajian jika butuh penambahan waktu status tanggap darurat," ujar Randy saat ditemui di lokasi sumur ambles, Selasa (2/5/2017).

Hingga saat ini, Randy mengungkapkan, jumlah sumur yang ambles mencapai 135 sumur. Sebarannya ada di beberapa dusun yang ada di Desa Manggis Kecamatan Puncu.

(Baca juga: Cerita Warga Kediri soal Puluhan Sumur yang Ambles)

 

Selain di kecamatan tersebut, puluhan sumur di Kecamatan Plosoklaten juga mengalami longsor pada dinding sumurnya. Namun sejauh ini belum ditemukan sumur yang ambles di wilayah itu.

Dengan status kedaruratan itu, pemerintah mendukung penuh pendistribusian air bersih bagi warga. Bahkan untuk kebutuhan itu, dalam satu hari sampai ada lima kali pendistribusian.

Pemerintah juga tengah mengkaji penggantian sumur yang baru bagi warga. Namun hal itu belum bisa direalisasikan, mengingat hingga kini masih sering terjadi sumur yang ambles.

Sebelumnya diberitakan, sumur-sumur warga ambles beserta konstruksi bibir sumurnya dalam sepekan ini. Bahkan jumlah sumur yang ambles itu terus bertambah setiap harinya.

(Baca juga: Sumur Ambles Dekat Gunung Kelud, Ini Analisis Sementara)

 

Bekas sumur itu meninggalkan lubang menganga berdiameter hingga 4 meter. Sebagian warga berinisiatif menutupnya dengan tanah agar longsorannya tidak meluas.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang diduga terjadi akibat labilnya struktur tanah dan diperparah dengan kandungan air dari tingginya curah hujan itu. 

Kompas TV Fenomena Sumur Ambles Resahkan Warga Kediri
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com