Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaki Diminta Tidak Mendekati Gunung Barujari dan Danau Segara Anak

Kompas.com - 27/09/2016, 22:32 WIB
Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Para pendaki yang berada di sekitar Gunung Rinjani diminta untuk tidak mendekati Gunung Barujari dan Danau Segara Anak, pasca terjadinya erupsi Gunung Barujari, Selasa (27/9/2016) siang.

"Kami baru dapat informasi dari pos pemantau agar di radius 3 KM dari Gunung Barjari disterilkan. Diminta kepada para pendaki agar betul-betul tidak mendekati Gunung Barujari radius 3 KM dan tidak mendekati area Danau Segara Anak," kata Kepala BPBD NTB, Muhammad Rum kepada wartawan.

Rum mengatakan, ada sekitar seratus lebih wisatawan yang saat ini berada di Gunung Rinjani. Namun pihaknya belum memperoleh data secara pasti berapa jumlah pendaki yang saat ini berada di Rinjani.

Dia menyampaikan, pasca terjadinya erupsi Gunung Barujari Selasa siang, status Gunung Rinjani ditingkatkan dari semula berstatus normal menjadi waspada level 2.

Gunung Barujari erupsi sekitar pukul 14.45 Wita  dengan amplitudo 52 milimeter dan ketinggian letusan abu vulkanik mencapai 2.000 meter dari puncak Gunung Barujari. Pihaknya menghimbau kepada masyarakat khususnya yang berada di Kabupaten Lombok Utara untuk tetap waspada terkait sebaran abu vulkanik.

Rum menambahkan, BPBD NTB akan mengirimkan tim ke sekitar lokasi untuk memantau kondisi terakhir erupsi Gunung Barujari serta memantau kondisi masyarakat sekitar dan wisatawan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com