Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17.000 Polisi Dikerahkan untuk Amankan PON XIX

Kompas.com - 14/09/2016, 12:43 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Polda Jawa Barat mengerahkan 17.000 personel untuk mengamankan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX yang berlangsung 17-29 September 2016 di Provinsi Jawa Barat.

"Kami dari bidang pengamanan untuk personel, total ada 17.000 yang kami kerahkan atau terjunkan untuk pengamanan PON XIX ini.Mekanisme pengamanannya adalah kita terapkan sistem terbuka dan tertutup," kata Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Nana Sujana di Bandung, Rabu (14/9/2016).

Ditemui setelah menghadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan PON XIX di Stadion Utama Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), dia menuturkan pengamanan tersebut dilakukan mulai dari awal hingga akhir pelaksanaan PON.

"Petugas juga kami kerahkan, khususnya saat pembukaan nanti. Kemudian di lokasi penginapan para atlet dan kontingen juga kami kerahkan," katanya.

Selain itu, kata Wakapolda, saat upacara pembukaan PON XIX juga akan diberlakukan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi Stadion GBLA dan Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung.

"Saat pembukaan nanti pasti akan ada kemacetan dan kepadatan arus lalu lintas, tapi itu semua sudah kita antisipasi saat pembukaan nanti seperti kita berlakukan sistem buka tutup, di jalur masuk ke GBLA dan Jalan Soekarno Hatta Bandung," kata dia.

Nana memastikan, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat jelang upacara pembukaan PON XIX pada 17 September 2016 di Stadion GBLA.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang juga Ketua Umum PB PON XIX/2016 yang memimpin apel gelar pasukan pengamanan PON XIX di Stadion Utama GBLA, menekankan pentingnya pengamanan PON XIX.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada polisi TNI, Basarnas, Damkar, Satpol PP, Dishub Jabar yang sudah memberikan jaminan keamanan selama pelaksanaan PON ini," kata Aher.

Dalam kesempatan tersebut, juga digelar pengibaran bendera seluruh kontingen PON XIX di Stadion GBLA oleh pasukan pengibar bendera.

Aher mengatakan apel pengamanan dan upacara pengibaran bendera kontingen PON ini juga merupakan simbol kesiapan panitia pelaksana pesta olahraga nasional empat tahunan tersebut.

"Dengan berkibarnya seluruh bendera kontingen maka semakin berkobar semangat atlet untuk mencetak prestasi yang setinggi-tingginya," katanya.

Turut hadir dalam apel tersebut yakni Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, Wakapolda Jawa Barat Brigjen Nana Sujana dan Pangdam III Mayjen TNI Hadi Prasojo, Kepala Dinas Bina Marga Jawa Barat M Guntoro, dan Kepala Dinas Perhubungan Dedi Taufik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com