Saung Angklung Udjo, Oase di Tengah Bisingnya Bandung

Kompas.com - 27/01/2016, 07:00 WIB
KOMPAS.com/Reni Susanti Salah satu pertunjukan di Saung Angklung Udjo (SAU) Bandung.
BANDUNG, KOMPAS.com - Lagu berjudul “Bunda” karya Melly Goeslaw ini terdengar sayup-sayup dari gedung pertunjukan Saung Angklung Udjo (SAU), Jalan Padasuka, Bandung, Jawa Barat.

Sebuah lirik lagu yang sarat makna, menceritakan bagaimana bakti dan rasa hormat seorang anak terhadap ibunya.

Meski terdengar sayup, ratusan pelajar yang tengah mengikuti angklung interaktif di SAU ini terasa begitu menghayati pesan dalam lagu.

Mereka bernyanyi, memainkan angklung, mencoba memasukkan nyawa lagu ke dalam alunan angklung yang mereka mainkan.

“Coba dengarkan, lagu tersebut mengandung unsur pendidikan,” ujar Direktur SAU, Taufik Hidayat Udjo di sela perbicangannya dengan Kompas.com.

Kondisi pun menjadi hening, “Itulah yang ingin kami sampaikan,” tambah Taufik.

Lagu, sambung Taufik, bukan hanya sebatas kata-kata yang dijahit menjadi sebuah kalimat. Lagu, memiliki makna yang secara tidak langsung akan mempengaruhi alam bawah sadar manusia.

Begitupun angklung, memiliki banyak fungsi, di antaranya musik dan pendidikan. Angklung harus dimainkan bersama-sama.

Di sana ada harmonisasi, kerja sama, saling pengertian dan saling menghargai satu sama lain untuk menghasilkan alunan nada yang indah.

Bahkan angklung, merupakan musik pemersatu dan perdamaian. Misalnya, bagaimana pemimpin Korea Utara dan Korea Selatan berdampingan bermain angklung.

Mereka berdua tertawa dan berkonsentrasi dan bekerjasama memainkan angklung mengikuti komando perwakilan SAU.

“Mungkin mereka tidak sadar kalau sedang bersebelahan. Tapi itu merupakan pemandangan yang tak biasa. Di mana negara yang saling bermusuhan, bisa duduk berdampingan dan tertawa. Itu semua karena angklung,” papar Taufik.

Sebuah Oase

Halaman:


EditorErvan Hardoko
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X