Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT RI, Badut dan Penyusun Batu Candi Diberi Penghargaan

Kompas.com - 17/08/2015, 16:43 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Komunitas Seribu Cita memberikan penghargaan kepada pekerja dan seniman yang kerap dipandang sebelah mata, Senin (17/8/2015) atau bertepatan dengan HUT ke-70 Indonesia di halaman Istana Boko, Yogyakarta. Para penerima itu adalah dua pekerja Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta (BPCP) dan satu orang yang berprofesi sebagai badut. 

"Pemberian penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi akan profesi yang selama ini hanya dipandang sebelah mata. Namun kontribusi mereka sangat luar biasa," ujar Koordinator Komunitas Seribu Cita untuk Indonesia, Markus Winarto, saat ditemui Kompas.com di Kompleks Istana Candi Boko, Senin. 

Markus mengatakan, ada 17 orang yang memeroleh penghargaan ini. Namun, tiga orang di antaranya saja yang datang. Selain mereka, ada pula orang yang berprofesi sebagai penyusun batu candi, pemelihara candi, penjaga palang pintu, buruh jamu gendong, pembuat mainan tradisionaln pengali kubur, sopir, arsitek, fotografer dan penggerak cyber.

"Jangan salah, profesi pengali kubur itu sangat penting perananya, tapi hanya dipandang sebelah mata. Kita memberikan penghargaan untuk profesi itu," tegasnya.

Mereka yang mendapat penghargaan antara lain, yakni Yuli Kusworo (arsitek), Suharto (steller/penyusun batu candi), Didik Nini Thowok (maestro tari), Dodi Sandradi (fotografer), Singgih Susilo Kartono (Magno Radio), Bambang Erbrata Kalingga (penggerak petani organik), dan Antonius Sasongko Wahyu Kusumo (kampung cyber)

"Panitia melakukan wawancara, tidak ada seleksi dan kriteria khusus," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com