Soekarwo Mulai Pikirkan Pejabat Pengganti Risma - Kompas.com

Soekarwo Mulai Pikirkan Pejabat Pengganti Risma

Kompas.com - 30/01/2015, 19:17 WIB
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ Menteri Sosial, Salim Segaf Al Jufri (empat kanan), Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (tiga kanan), Gubernur Jatim, Soekarwo (lima kanan), dan Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf (enam kanan) usai penandatanganan deklarasi penutupan lokalisasi Dolly-Jarak di Islamic Center, Jalan Raya Dukuh Kupang, Surabaya, Rabu (18/6/2014).

SURABAYA, KOMPAS.com — Gubernur Jatim mulai memikirkan pengganti Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang jabatannya akan berakhir pada Juni mendatang.

Soekarwo mengaku akan mencari figur khusus pejabat sementara kursi orang nomor satu di Surabaya itu. Dia mengaku tidak mudah untuk mencari figur pengganti Risma karena pejabat ini harus memiliki kemampuan lebih yang mampu mengatur pemerintahan dengan tingkat permasalahan yang besar.

"Tidak harus seperti Bu Risma, tetapi dia memiliki kemampuan memanajemen pemerintahan dengan kompleksitas permasalahan yang cukup besar," ujarnya, Jumat (30/1/2015).

Pejabat pengganti Risma hanya akan menjabat sementara sampai wali kota Surabaya periode 2015-2020 terpilih.

"Jadi, kewenangan pejabat wali kota dibatasi, tidak seperti kewenangan wali kota definitif," ujarnya.

Selain mencari pejabat pengganti Risma, Soekarwo juga mulai memikirkan pejabat pengganti 17 kepala daerah di Jatim yang periodenya berakhir pada tahun 2015. Pasalnya, pada Desember 2015, Jatim akan menggelar pilkada serentak di 18 kabupaten/kota.

Pilkada serentak 18 daerah di Jatim akhir tahun nanti akan digelar di Ngawi, Kota Blitar, Lamongan, Ponorogo, Kediri, Situbondo, Jember, Gresik, Kota Surabaya, Trenggalek, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, Banyuwangi, Sumenep, Kabupaten Malang, Sidoarjo, Kabupaten Blitar, dan Pacitan.


EditorCaroline Damanik

Close Ads X