Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Semarang Awasi Pesta Lampion Tahun Baru

Kompas.com - 23/12/2014, 17:25 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Jajaran polres Semarang akan memantau lebih dekat perayaan pergantian tahun baru terutama yang menggelar pesta lampion. Hal itu guna meminimalisasi risiko kebakaran yang diakibatkan oleh lampion yang gagal terbang atau mendarat tidak pada tempatnya.

Kapolres Semarang, AKBP Muslimin Ahmad secara khusus meminta agar masyarakat dan pengelola tempat wisata yang akan menggelar acara pesta lampion pada malam tahun baru untuk lebih berhati-hati.

"Kalau mau menerbangkan lampion pilihlah daerah yang luas, jauh dari permukiman, dari jaringan listrik terbuka, dan menghindari jalur penerbangan pesawat," kata Kapolres seusai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2014 di halaman Mapolres Semarang, Selasa (23/12/2014) pagi.

Kapolres juga meminta kepada pengelola tempat wisata untuk memprioritasan keamanan dan kenyamanan pengunjung. Terkait hal itu, pihaknya telah menginstruksikan jajarannya hingga tingkat polsek untuk memantau kondisi dan keamanan wahana permainan yang disediakan sejumlah pengelola tempat wisata serta hiburan di wilayah hukum Polres Semarang.

"Wahana harus aman, semua harus dicek. Hal ini perlu disikapi serius, misalnya ada petugas pengamanan di kolam renang guna menekan kasus pengunjung yang tenggelam," jelasnya.

Operasi Lilin Candi 2014 yang akan berlangsung sejak Selasa 23 Desember 2014 hingga 2 Januari 2015 ditandai dengan penyematan pita kepada perwakilan personel Polri, TNI, dan Dishubkominfo Kabupaten Semarang. Dalam apel tersebut, Bupati Semarang Mundjirin bertindak sebagai pimpinan apel, sekaligus membacakan sambutan Kapolri Jenderal Pol Sutarman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com