Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Rugi Waduk Jatigede Tinggal Tunggu Perpres

Kompas.com - 26/09/2014, 07:06 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Ganti rugi lahan Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat, disebut tinggal tergantung kepada penerbitan Peraturan Presiden.

"Kami masih menunggu peraturan itu," ujar Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Kamis (25/9/2014). Menurut dia, semua persyaratan di tingkat provinsi sudah dilayangkan ke pemerintah pusat.

"Persyaratan sudah selesai, hanya dari kami sedang menunggu (perpres)," ulang Heryawan. Dia berharap Perpres soal ganti rugi lahan itu bisa selesai pada pekan-pekan ini, sehingga waduk tersebut bisa segera diairi.

"Ini kan masuk dalam program 100 hari terakhir kepemimpinan Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono)," imbuh Heryawan. Seperti diberitakan sebelumnya, mantan Menko Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menargetkan pembangunan waduk Jatigede, di Sumedang, Jawa Barat, secara teknis rampung pada April 2014.

Namun, Hatta mengatakan, waduk baru bisa mulai diisi pada September 2014 usai permasalahan sosial di area tersebut selesai. Hal senada juga dikatakan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto.

Kini, waduk Jatigede sudah hampir rampung. Namun, masalah ganti rugi belum juga selesai, tergantung kepada Perpres SBY.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com