Terapung Tujuh Jam di Laut, 10 ABK KM Niaga I Selamat

Kompas.com - 25/01/2014, 11:57 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri
AMBON, KOMPAS.com - Sepuluh Anak Buah Kapal (ABK) dan nahkoda KM Niaga I ditemukan selamat saat kapal yang mereka tumpangi tenggelam di perairan Kilmuri, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), setelah diterjang cuaca buruk dan gelombang tinggi, Jumat (24/1/2014) kemarin. Seluruh ABK kapal ini ditemukan selamat oleh tm SAR setempat setelah lebih dari 7 jam terapung di perairan tersebut.

“Kapal itu tenggelam sekira pukul 14.00 WIT. Dan seluruh ABK kapal selamat. Dalam peristiwa itu, mereka baru ditemukan oleh tim SAR pada pukul 21.30 WIT tadi malam,” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Daerah Maluku, Kifli Wakano kepada Kompas.com, Sabtu (25/1/2014).

Setelah ditemukan, seluruh ABK kapal nahas tersebut langsung dievakuasi oleh tim SAR ke kantor Sahabandar Kecamatan Geser. Menurut Kifli, meski seluruh ABK kapal tersebut selamat, mereka ditemukan dalam kondisi lemas.

”Saat ini mereka masih berada di Kantor Sahabandar Kecamatan Geser. kondisi mereka lemas,” ujarnya.


Kepala Administrator Pelabuhan Ambon, Ali Ibrahim, juga membenarkan jika seluruh ABK kapal dan nahkoda selamat. ”Seluruhnya ditemukan dalam keadaan selamat. Dan saat ini mereka telah dievakuasi oleh tim SAR,” ujarnya.

Kapal nahas tersebut berlayar dari pelabuhan Ambon dengan tujuan Teor pada Selasa (21/1/2014). Namun, saat memasuki perairn Kilmuri, kapal tersebut langsung diterpa cuaca buruk dan gelombang tinggi di perairan itu, hingga tenggelam. Saat tenggelam kapal tersebut memuat material pembangunan jembatan yakni berupa, pasir, kerikil, kayu besi dan semen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X