Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan PSK Hadiri Peresmian Masjid di Lokalisasi Bengkulu

Kompas.com - 06/01/2014, 23:09 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com
- Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan meresmikan satu masjid yang terletak di dalam lokalisasi RT 8, Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu, Senin (6/1/2104). Acara peresmian dihadiri ratusan pekerja seks komersial (PSK) yang berada di wilayah itu.

"Pembangunan masjid ini berdasarkan permintaan warga melalui ketua RT. Semoga dengan berdirinya masjid ini, keimanan dan pendekatan diri warga kepada Tuhan semakin membaik," papar wali kota.

Masjid dengan nama At-Taubah tersebut dibangun dari APBD kota Bengkulu tahun 2013. Masjid yang dibangun secara permanen tersebut berukuran 5 X 6 meter persegi. Biaya pembangunan dari pemerintah Kota Bengkulu, sedangkan tanah disiapkan oleh warga setempat.

Ketua RT 8, Himawan mengatakan, permintaan masjid telah lama disampaikan pihaknya kepada pemerintah, namun baru sekarang dapat terealisasi. Ia menambahkan, meskipun kawasan tersebut merupakan lokalisasi, namun banyak para penghuninya aktif beribadah.

Salah seorang PSK yang enggan namanya dikutip membenarkan bahwa mereka pernah mengusulkan pembangunan masjid di wilayah itu kepada ketua RT setempat. Lalu usul itu diteruskan ketua RT kepada wali kota.

"Meski kerja begini kami juga membutuhkan agama untuk penenang jiwa. Kami berterima kasih kepada pemerintah yang mendengarkan usulan kami," katanya.

Himawan menambahkan, pada awal tahun 2013, pihaknya mengusulkan masjid dan tempat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) karena di wilayah itu terdapat puluhan anak usia di bawah lima tahun.

Seusai meresmikan, wali kota dan rombongan menuju RT 19, Kelurahan Sukarami, Kecamatan Selebar. Di tempat ini, wali kota meresmikan sumur bor untuk air bersih warga sekitar. Pembuatan sumur bor karena aliran air yang bersumber dari PDAM belum bisa menjangkau wilayah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com