Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cagub Eggi Sudjana: Saya Menang Itu Mukjizat

Kompas.com - 20/08/2013, 13:43 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS. com — Calon gubernur Jawa Timur Eggi Sudjana memilih tempat berkampanye di pasar maupun terminal karena status pencalonannya berasal dari jalur perseorangan.

Jalur perseorangan, menurut Eggi, sangat berbeda dengan jalur partai politik yang mempunyai infrastruktur yang memadai serta didukung adanya konstituen langsung. Karena itu, jalur perseorangan harus menembus tantangan besar dalam mendapatkan perhatian rakyat.

Untuk mendapatkan perhatian itulah ia melakukan penyapaan di tempat-tempat yang menjadi berkumpulnya rakyat, seperti pasar maupun terminal. "Sebab, kalau saya kumpulin ke stadion atau di mana, siapa yang akan datang?" kata Eggi Sudjana kepada wartawan saat berkampanye di Pasar Pamenang, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (20/8/2013).

Begitu juga saat di Kediri. Dia mengaku menyasar hampir semua pasar sebagai tempat berkampanye. Eggi menggunakan trailer sebagai podium untuk menyampaikan visi dan misi pencalonannya bersama Muhammad Sihat.

Basis suara yang menjadi sasarannya ada tiga, yaitu rakyat yang tidak terafiliasi dengan parpol mana pun alias golput, rakyat yang kecewa dengan parpol, serta lembaga swadaya masyarakat.

Ketiga basis itu, menurut Eggi, merupakan peluang yang sangat besar dalam mendukungnya bertarung dengan para kandidat lainnya. Dalam berkampanye, ia berjanji akan menyejahterakan rakyat serta mengajaknya meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan.

Hal itu dirasakan Eggi mendapat respons positif meski tanpa iming-iming. Oleh sebab itu, jika nantinya ia menang, menurutnya, karena adanya campur tangan Tuhan. "Kalau nanti menang benar-benar mukjizat dari Allah, bukan karena Eggi hebat," kata Eggi.

Pemilihan Gubernur Jawa Timur akan berlangsung pada 29 Agustus 2013. Selain pasangan Eggi Sudjana-Sihat, juga ada pasangan Soekarwo-Saefullah Yusuf, Bambang DH-Said Abdullah, dan Khofifah Indar Parawansa-Herman Sumawiredja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com