Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eggi-Sihat ''Pede'' Sampaikan Visi Misi ke DPRD Jatim

Kompas.com - 12/08/2013, 15:01 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Meskipun tidak memiliki dukungan politik di parlemen, pasangan calon gubernur Jawa Timur dari jalur independen, Eggi Sudjana-Muhammad Sihat, terlihat percaya diri saat menyampaikan visi misinya di Gedung DRPD Jatim, Senin (12/8/2013).

Dalam paparannya, tokoh pengacara ini mengkritisi kebijakan Pemprov Jatim yang tidak memaksimalkan hasil bumi sebagai sumber kekayaan daerah.

''Masih banyak sumber kekayaan alam Jatim yang belum dimanfaatkan maksimal. Saya akan coba untuk memaksimalkannya saat terpilih nanti," katanya.

Eggi-Sihat juga mengkritisi pelayanan publik di Jatim yang masih terpusat di lingkungan Pemprov Jatim. Menurut dia, pusat pelayanan publik dan anggaran seharusnya terpusat di unit pemerintahan yang paling dekat dengan masyarakat, seperti kelurahan dan kecamatan.

''Makanya, saya pilih M Sihat sebagai mantan camat yang lebih paham soal pelayanan publik di tengah masyarakat," terang Eggi.

Eggi-Sihat adalah pasangan jalur independen pertama di Pilgub Jatim. Pasangan ini berhasil mengumpulkan lebih dari 2 juta dukungan fotokopi KTP dari 38 kabupaten/kota.

Pasangan Eggi-Sihat melakukan dua kali pengumpulan dukungan KTP ke KPU Jatim. Pada penyerahan pertama, dari 1,1 juta kopi KTP yang diserahkan, hanya 850.000 yang dinyatakan tidak penuhi syarat.

Sesuai aturan, pasangan ini pun harus menyerahkan dua kali lipat jumlah dukungan yang tidak sah jika masih ingin maju dalam Pilgub Jatim. Pasangan ini pun memenuhi syarat KPU Jatim.

Pada penyerahan kedua, Eggi-Sihat kembali mengumpulkan 2 juta dukungan fotokopi KTP. Setelah diverifikasi, dukungan yang dinyatakan memenuhi syarat sebanyak 901.731 dan yang tidak memenuhi syarat sebanyak 920.821.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com