Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Miskin Antre Zakat dari Pengusaha Bulukumba

Kompas.com - 23/07/2013, 16:28 WIB
Kontributor Bulukumba, Rini Putri

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com — Ribuan tukang becak dan warga kurang mampu rela berdesak-desakan hanya untuk menerima zakat dari salah seorang pengusaha sukses asal Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Ambo Rukka, di depan rumahnya di Jalan Mairo Nomor 32, Makassar, Selasa (23/7/2013) sore.

Mereka yang kurang mampu ini rela menunggu di bawah terik matahari sejak siang hari untuk mendapatkan zakat uang tunai. Pemberian zakat yang dibagi-bagikan mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 100.000.

Warga yang antre menunggu giliran pembagian uang kebanyakan perempuan dan anak-anak. Daeng Rewa, seorang tukang becak, mengaku senang walau hanya mendapatkan uang tunai sebesar Rp 50.000.

"Alhamdulillah, dapat Rp 50.000," singkatnya.

Pemberi zakat, Ambo Rukka, mengaku pemberian zakat dilakukan langsung kepada yang membutuhkan, jauh lebih afdal ketimbang menitipkannya ke rumah zakat.

"Ketika kita memberikan langsung, yang menerima langsung mendoakan kita dengan ikhlas," ujarnya.

Pembagian zakat ini berakhir jelang buka puasa, dan rencananya pembagian zakat harta itu akan kembali di lakukan pada Rabu (24/7/2013) di Kecamatan Tanete, Kabupaten Bulukumba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com