Salin Artikel

Atasi Kemacetan, Pj Gubenur Agus Fatoni Usulkan Pelebaran Jalan Palembang-Betung

KOMPAS.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengusulkan pelebaran Jalan Palembang-Betung terutama di Simpang Y Pasar Betung. Hal ini disebabkan karena lokasi tersebut merupakan salah satu titik rawan kemacetan.

Hal tersebut disampaikan Agus Fatoni saat meninjau Pos Pengamanan Lebaran 2024 di Pos Betung, Kabupaten Banyuasin atau Simpang Y, Sumsel, Senin (8/4/2024).

"Mudah mudahan tahun depan di jalur ini kami harap ada pelebaran jalan sedikit. Karena ini jalan nasional, maka akan kami sampaikan usulan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Sehingga, kemacetan tidak terjadi lagi," tutur Fatoni melalui siaran persnya, Selasa (9/4/2024).

Fatoni mengungkapkan, salah satu hal yang menjadi penyebab kemacetan adalah adanya penyempitan jalan dan beberapa masalah seperti adanya pasar sehingga banyak kendaraan yang berhenti di bahu jalan untuk berbelanja.

"Sering macet karena terjadi penumpukan dan penggabungan arus dari arah Jambi itu, termasuk dari Sekayu bertemu di sini. Begitu juga kendaraan dari Palembang," ujarnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, Fatoni bekerja sama dengan pihak Korps Lalu Lintas (Korlantas), Dinas Perhubungan (Dishub), dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk membantu mengurai kemacetan.

“Manakala ada kemacetan agar segera diurai dan kami bisa mengantisipasi agar kemacetan tidak terjadi lagi,” jelas Fatoni.

Di samping meninjau pos pengamanan, Fatoni juga menyerahkan bantuan kepada petugas yang berada di Pos Betung. Dirinya juga melakukan peninjauan dan menyerahkan bantuan di Pos Pengamanan Lebaran 2024 yang berlokasi di Pos Pangkalan Balai.

Sebagai informasi, agenda ini turut dihadiri oleh Direktur Samapta (Dirsamapta) Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel Budi Mulyanto, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel Edward Chandra, Kepala Dishub Sumsel Ari Narsa, Kepala Satpol PP Aris Saputra, dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Trisnawarman.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/09/104411878/atasi-kemacetan-pj-gubenur-agus-fatoni-usulkan-pelebaran-jalan-palembang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke