Salin Artikel

Perjalanan Kereta Batara Kresna Terganggu akibat Pohon Tumbang

Pohon tumbang karena diterjan angin dan hujan deras pada pukul 13.00 WIB. Kondisi ini mengakibatkan ruas Jalan Mayor Sunaryo 2 dan jalur rel kerata tertutup sementara.  

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, mengatakan, perjalanan KA Batara Kresna terganggu.

"Perjalanan Bhatara Kresna terhalang pohon tumbang, di Depan Gedung Djoeang 45 Solo, yang disebabkan hujan deras disertai angin kencang," kata Krisbiyantoro, pada Rabu (3/1/2024).

Tampak para petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo, PT KAI, masyarakat dan relawan melakukan evakuasi pohon tumbang.

"Tetapi pekerjaan pemotongan ranting terkendala banyak ranting tersangkut kabel PLN, dan harus tunggu petugas PLN datang untuk pengamanan jaringan listrik," katanya.

"Saat ini proses evakuasi pohon tumbang selesai dan jalur KA aman untuk dilalui. Pada pukul 14.47, KA Batara kresna tujuan Purwosari diberangkatkan dari Stasiun Solo kota dengan kelambatan 81 menit," lanjutnya 

Sebagai antisipasi kejadian serupa, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk pendatang dan penanggulangan pohon yang berpotensi tumbang. 

"Semua pohon besar dan tua didata dan dirapikan. Dirapihakan sesuai dengan besarnya pohon, beban batang melebar dan ketinggian. Otomatis dikurangi bebannya, otomatis tumbuh baru. Resiko kecil," kata Teguh Prakoso saat tinjauan.

Pohon besar di Kota Solo tersebar di sejumlah wilayah, yakni Jalan Rajiman, Jalan Slamet Riyadi, Jalan Yosodipuro, Jalan Veteran, Jalan Juanda, Jalan Adi Sucipto, dan Jalan Rongowarsito

https://regional.kompas.com/read/2024/01/03/162731878/perjalanan-kereta-batara-kresna-terganggu-akibat-pohon-tumbang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke