Salin Artikel

Jalan Rumbia Lampung Diperbaiki, Pedagang Cendol Mengaku Bisa Ngebut ke Pasar

LAMPUNG, KOMPAS.com - Membaiknya kondisi Jalan Raya Rumbia disambut sorak gembira para pedagang es cendol dawet yang menggunakan sepeda motor.

Sebelum diperbaiki, perjalanan menuju Pasar Rumbia penuh "perjuangan" dan "air mata" lantaran lubang menjadi potensi bencana.

Purnomo (37), pedagang es cendol di Pasar Rumbia, mengaku menempuh sekitar 4-5 kilometer dari rumahnya di Desa Rekso Binangun ke Pasar Rumbia.

Jarak sejauh itu ditempuh oleh Purnomo sekitar 30-45 menit menggunakan sepeda motor.

"Ya harus hati-hati, Mas. Kita kan bawa muatan agak berat, banyak lubang, kalau jatuh ya rugi dagangan tumpah," kata Purnomo saat ditemui, Jumat (27/10/2023).

Pun begitu dengan persiapan sebelum berdagang, setelah disibukkan menyiapkan bahan sebelum ke pasar, Purnomo juga harus mengejar waktu.

"Kalau kesiangan ya nggak kebagian tempat, tapi mau ngebut juga takut jalannya rusak parah," katanya.

Setelah jalan itu diperbaiki dan dibeton tebal, Purnomo mengaku perjalanannya lebih ringan dan bisa "ngebut" ke pasar.

"Sekarang, alhamdulillah sudah bagus, Mas. Bisa agak kencang dikit bawa motornya," katanya.

Pedagang lain bernama Dian (33) juga mengaku sekarang ini tidak perlu khawatir jatuh saat melakukan perjalanan menuju pasar.

"Alhamdulillah, Mas, sudah bagus. Dulu mah, wah parah rusaknya, bawa ini ya ngeri," katanya menunjuk motor dengan etalasenya.

Dian berharap perbaikan bisa secepatnya dilakukan pemerintah, khususnya di beberapa titik yang belum diperbaiki.

"Penginnya semua jalan di sini diperbaiki, jadi enak mau ke mana-mana," katanya.

Pada Mei lalu diberitakan, sejumlah warga di ruas jalan Simpang Randu-Rumbia, Lampung, rela merogoh kocek sendiri untuk menutupi lubang jalan.

Warga terpaksa secara swadaya menimbun jalan rusak itu supaya tidak terjadi kecelakaan yang berpotensi menimbulkan korban jiwa.

Kerusakan jalan ruas Simpang Randu-Rumbia telah terjadi sejak bertahun-tahun lalu. Warga setempat pun menganggap sudah seperti anak tiri bagi pemerintah setempat.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/27/103701178/jalan-rumbia-lampung-diperbaiki-pedagang-cendol-mengaku-bisa-ngebut-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke