Salin Artikel

Dampak Asap Karhutla, 189.111 Warga Kalsel Terserang ISPA

Akibat dampak dari kabut asap, Dinas Kesehatan Kalsel mengeluarkan data kasus Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) yang menyerang warga.

Kepala Dinkes Kalsel, Diauddin mengatakan, sudah 189.111 orang di Kalsel yang terserang ISPA dampak dari kabut asap. Angka ini disebutnya terus meningkat dibanding tiga bulan belakangan.

"Kasus ISPA di seluruh wilayah Kalsel ada sebanyak 189.111 kasus. Angka ini jauh naik dibanding tiga bulan kebelakang," ungkap Diauddin dalam keterangannya yang diterima, Senin (11/9/2023).

Diauddin mengungkapkan, hampir seluruh kabupaten dan kota di Kalsel melaporkan adanya kasus ISPA. Dia mengatakan tiga daerah dengan kasus ISPA terbanyak, yakni Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru.

"Kota yang paling parah urusan ISPA ini ada di Kota Banjarmasin dengan jumlah kasus sebanyak 36.082 kasus, disusul Kabupaten Banjar sekitar 26.237 kasus serta Kota Banjarbaru ada sebanyak 22.910 kasus," tambahnya.

Kasus ISPA, kata Diauddin, disebabkan oleh kabut asap yang masih melanda beberapa daerah. Hal itu diperparah dengan debu akibat kemarau.

Tingginya kasus ISPA, Diauddin mengimbau warga untuk tetap menjaga kesehatan agar terhindar dari ISPA. Selain itu, penggunaan masker sangat dianjurkan sebagai langkah antisipasi.

"Selalu menjaga kesehatan dengan minum vitamin dan air putih yang banyak, dan kami himbau juga agar masyarakat dapat menggunakan masker saat keluar rumah,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/11/163911978/dampak-asap-karhutla-189111-warga-kalsel-terserang-ispa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke