Salin Artikel

Ketika Merah Putih Berkibar di PLBN Skouw...

JURNALIS Kompas.com mengikuti langsung upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw di Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Kamis (17/8/2023).

Peringatan HUT RI ini diliput secara khusus oleh Kompas.com, berkolaborasi dengan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), yang diberi tema Merah Putih di Perbatasan.

Sekitar pukul 09.10 WIT prosesi upacara dimulai. Inspektur upacara ini adalah Deputi III Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP RI, Letjen TNI (Purn) Jefry Apoly Rahawarin. Adapun komandan upacara adalah Kapten Infantri Adi Prayogo.

Upacara diikuti beragam pihak, baik unsur pemerintah di wilayah PLBN Skouw, Badan Perbatasan Provinsi Papua, Badan Perbatasan Kota Jayapura, unsur TNI-POLRI, tokoh adat, tokoh agama, para siswa dari SMP dan SMA, maupun perwakilan masyarakat yang ada di Kampung Mosso dan Kampung Skouw.

Upacara HUT RI di PLBN Skouw dapat berjalan dengan baik. Pasukan pengibar bendera (paskibra) beranggotakan lima orang berhasil menjalankan tugasnya, yakni mengibarkan bendera Merah Putih dengan baik dan lancar.

Kepala BNPP, Jenderal (Purn) Tito Karnavian dalam sambutan yang dibacakan Jefry, menekankan perlunya kerja sama erat antara pemerintah daerah, pemerintah provinsi, dan masyarakat dalam mengembangkan ekonomi dan kesejahteraan di kawasan perbatasan.

Namun, Tito mengingatkan tentang beberapa tantangan yang masih harus diatasi bersama, seperti distribusi logistik ke masyarakat perbatasan, kesenjangan lapangan pekerjaan, serta akses pendidikan dan layanan kesehatan yang merata.

Dalam semangat persatuan, ujar Jefry menekankan sambutan Tito, ada beberapa langkah penting yang harus dilakukan, termasuk penguatan sektor ekonomi perbatasan, peningkatan peran warga perbatasan dalam aktivitas produktif, dan meningkatkan rasa kebanggaan sebagai warga negara Indonesia.

"Dengan semangat bersatu dan kesinambungan lingkungan, mari bersama membangun perbatasan yang berdaya saing dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat," pungkas Tito dalam sambutannya itu.

Pengibaran bendera merah putih berhasil dilaksanakan di PLBN Skouw dalam kondisi aman, nyaman dan damai.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/17/163859978/ketika-merah-putih-berkibar-di-plbn-skouw

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke