Salin Artikel

Hormat kepada Sang Merah Putih di Perjalanan Menaklukkan Jalur Malinau-Krayan

MALINAU, KOMPAS.com - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang berdiri menatap salah satu turunan ekstrem di Jalan Malinau-Krayan, Senin (14/8/2023) siang.

Sekitar pukul 11.20 Wita, ia memantau pergerakan mobil rombongan yang berjalan pelan menuruni turunan.

Zainal memimpin sekitar 21 mobil rombongan safari Gubernur dari Malinau yang hendak menuju Kecamatan Krayan.

Proyek jalan sepanjang 203 kilometer untuk membuka keterisolasian Kecamatan Krayan yang berbatasan dengan Malaysia masih berlangsung.

Sementara ini, akses yang "masuk akal" ke Krayan hanya melalui penerbangan pesawat perintis. Itu pun jadwalnya masih terbatas.

Walaupun jalur darat seperti yang tengah dilalui rombongan tim ini terdengar memungkinkan, tetapi medannya berat.

Contohnya sejumlah tanjakan yang elevasinya menantang. Sedangkan turunan kondisinya curam. Belum lagi kalau menemui jalan tanah berlumpur atau jembatan darurat kecil.

Dari jendela kaca mobil tim Kompas.com yang ikut dalam ekspedisi "Menjadi Indonesia"-Robertus Belarminus, Fikri Hidayat dan Nissi Elizabeth-pemandangan pekerja proyek dan alat berat 'sudah biasa' di pinggiran jalan.

Para pekerja hidup terputus dari dunia luar. Tidak ada sinyal telepon seluler. Mereka tinggal di barak yang berdiri di tepi sungai dekat dengan jembatan.

Di salah satu titik ada longsor di tepi jalan. Para pekerja sibuk memperbaikinya.

Meski pembangunan jalan masih berlangsung, Zainal turun langsung untuk menjajal jalan. Harapannya, jalan ini bisa fungsional di 2024.

"Perjalanan kali ini merupakan awal untuk membuktikan kepada masyarakat Kaltara bahwa walaupun dengan medan cukup berat, Malinau-Krayan bisa dilalui," kata Zainal.

Setelah itu, mantan Wakapolda Kaltara ini kembali menancapkan tiang yang sudah terpasang Sang Merah Putih, disusul mengambil sikap sempurna sambil memberikan hormat.

Perjalanan tim pun berlanjut menuju perhentian berikutnya di camp Adhi Karya.

Nantikan terus cerita liputan tim Kompas.com dalam ekspedisi "Menjadi Indonesia" menyusuri jalur darat Malinau-Krayan. Tim Kompas.com dalam liputan ini dibekali apparel dari Eiger.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/14/135457678/hormat-kepada-sang-merah-putih-di-perjalanan-menaklukkan-jalur-malinau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke