Salin Artikel

Valentinus Sumito Resmi Jadi Pj Bupati, Isi Kekosongan Pemerintahan di Mimika

Dilansir dari Tribunnews.com, pelantikan dipimpin Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk di Aula Kantor Gubernur Papua Tengah, Nabire, sekitar pukul 15.30 WIT.

Pada kesempatan itu, tampak hadir pejabat Provinsi Papua Tengah dan Forkopimda Kabupaten Mimika.

Dilantiknya Valentinus didasarkan pada surat keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-1.2.63/2023 tentang penjabatan bupati Mimika Provinsi Papua Tengah.

"Saya Pj Gubernur Papua tengah melantik Valentinus Sudarjanto Sumito menjadi Penjabat Bupati Mimika. Saya percaya saudara menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab diberikan," kata Ribka Haluk.

Menurut Ribka, pelantikan ini sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ribka menyebutkan, sejumlah aturan yang mendasari pelantikan.

Salah satunya, Pasal 201 ayat 11 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 1 tahun 2015 tetang Perppu Nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota menjadi UU.

Pasal itu mengatur ketentuan tentang diangkatnya penjabat bupati atau wali kota untuk mengisi kekosongan jabatan bupati atau wali kota.

Di pasal tersebut juga diatur terkait sosok yang menjadi Pj adalah berasal dari jabatan pimpinan tinggi pratama.

Seperti diketahui, Bupati Mimika Eltinus Omaleng menjadi tersangka korupsi dan sedang diproses Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Wakilnya pun, Johannes Retob, yang sempat menjabat Plt Bupati, terseret kasus korupsi.

"Saya ucapkan terima kasih kasih kepada penjabat bupati lama dan penjabat bupati saat ini. Pelantikan ini tentu berlaku sesuai aturan perundang-undagan RI dan dinyatakan sah," katanya.

Ia juga mengapresiasi Kemendagri yang telah mengambil sikap untuk mengendalikan situasi Pemerintahan Mimika.

Menurut Ribka, di Mimika telah terjadi dinamika politik cukup tinggi.

Seperti diketahui, Eltinus ditangkap KPK di Jayapura pada September 2022. Ia terseret kasus dugaan korupsi pembangunan Gereja Kingmi di Mile 32 Mimika.

Eltinus pun dinonaktifkan dari jabatannya.

Pada Maret 2023, wakil Bupati yang menjabat Plt, Johannes Rettob juga ditetapkan sebagai tersangka korupsi pengadaan pesawat dan helikopter. Ia dinonaktifkan sebagai Wabup dan Plt pada Juni ini.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul "Jalani Proses Hukum, Johannes Rettob Diganti Valentinus Sudarjanto Sumito: Dilantik Ribka Haluk"

https://regional.kompas.com/read/2023/06/21/085854278/valentinus-sumito-resmi-jadi-pj-bupati-isi-kekosongan-pemerintahan-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke