Salin Artikel

Peserta Cadangan Terpilih Jadi Anggota Paskibraka Nasional, Pj Gubernur Babel Ajukan Peninjauan

Akibatnya terjadi polemik dan protes dari perwakilan siswa karena nama yang ditetapkan tidak sesuai nomor urut.

Siswa bernama Sepvira yang berada di urutan satu, statusnya dinyatakan sama, yakni sebagai kandidat dengan Bunga yang berada di urutan kedua.

Selanjutnya nama-nama tersebut dikirim ke panitia pusat untuk ditetapkan salah satunya. Tim seleksi akhir berada di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Sub Koordinator Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Bakesbangpol Bangka Belitung, Yudiansyah mengatakan, Bunga akhirnya terpilih sebagai utusan Paskibraka di tingkat nasional.

Menurut Yudiansyah, provinsi hanya menyampaikan kandidat, yang mana dalam kandidat tersebut secara urutan adalah Sepvira dan Bunga. Sementara kewenangan untuk menentukan siapa yang terpilih ada di tangan BPIP.

"Semua proses telah kita lakukan dan semua sesuai dengan ketentuan, dari berbagai tahapan seleksi sudah kita dapatkan empat kandidat (putra dan putri) dan selanjutnya adalah kewenangan BPIP," kata Yudiansyah di rumah dinas gubernur, Senin (12/6/2023) malam.

Menanggapi hal itu, Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) Wahyu Nugraha didampingi Sersan Kepala (Serka) Hananto menyatakan polemik terjadi karena siswa yang telah dipilih di tingkat provinsi disamaratakan statusnya sebagai kandidat.

Padahal, kata Wahyu, sudah ada petunjuk teknis pemilihan calon anggota Paskibraka nasional berdasarkan nomor urut.

Nomor urut satu adalah siswa terpilih, sedangkan nomor urut dua sebagai cadangan.


Wahyu juga menolak anggapan yang menyatakan penentuan anggota Paskibraka di tangan BPIP.

"Paskibraka asal provinsi di tingkat nasional bukan berada di tangan BPIP, karena proses seleksi yang diinput secara online tersebut menampilkan utusan berdasarkan peringkat, bukan kandidat," ujar Wahyu menjelaskan.

Berdasar hal demikian, maka tim pelatih dari TNI/Polri menyimpulkan Sepvira sebagai utusan Paskibraka berdasarkan hasil seleksi yang telah dilakukan, sementara Bunga sebagai cadangan.

"Tim seleksi mengusulkan Sepvira, kemudian diikuti cadangannya, sebab tidak ada di dalam juknis itu menyebutkan kandidat, yang ada adalah peringkat, satu sebagai calon Paskibraka nasional, satu sebagai cadangan Paskibraka nasional," tegas Wahyu.

Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung Suganda Pandapotan seusai mendengarkan keseluruhan kronologi masalah, mengaku bakal berkonsultasi langsung ke pusat.

Suganda sekaligus bakal melakukan klarifikasi secara langsung serta mengajukan permohonan peninjauan kembali hasil seleksi Paskibraka nasional dari Bangka Belitung kepada BPIP.

Sekretaris Jenderal Ombudsman RI itu juga berjanji menindak tegas pegawai yang menyalahi wewenang selama proses seleksi.

"Kita ingin supaya tidak ada rumor macam-macam yang beredar, kita di sini untuk membuat clear semuanya, semoga tidak ada yang bermain dalam hal ini. Saya selaku Pj Gubernur dan Pejabat Pembina Kepegawaian akan tindak tegas," ucap Pj Gubernur.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/13/165540778/peserta-cadangan-terpilih-jadi-anggota-paskibraka-nasional-pj-gubernur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke