Salin Artikel

Kembali Jadi Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Nashir: Kami secara Kolektif Siap Menjalankan Amanat

Hal itu disampaikan Haedar setelah dirinya ditetapkan sebagai Ketum terpilih dalam sidang pleno VIII Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Edutorium UMS, Minggu (20/11/2022).

"Kami PP Muhammadiyah secara kolektif untuk lima tahun ke depan dapat bergerak, berbuat, menjalankan amanat untuk kemajuan umat, bangsa dan kemanusiaan, dan semesta dalam ridho, dan barokah, dan rahmat Allah SWT," kata Haedar didampingi Sekretaris Umum PP Muhammadiyah terpilih Abdul Mu'ti.

Haedar mengatakan sebagai ketua umum, dirinya tetap menjunjung tinggi prinsip kemimpinan yang tetap mengedepankan musyawarah mufakat dalam mencapai keputusan.

"Saya selaku ketua umum posisinya hanya sejengkal didepankan, seinci ditinggikan. Tetapi prinsip kepemimpinan adalah kepemimpinan kolektif kolegeal dan sistem persyarikatan," kata dia.

Haedar juga mengatakan akan membawa Muhammadiyah untuk bertransformasi ke arah yang berkemajuan dalam berbagai aspek kehidupan.

"Kami menjalankan amanat untuk program-program Muhammadiyah yang arahnya pada proses transformasi yang lebih dinamis di masa yang akan datang. Baik program umum, maupun program-program yang arahnya ke Muhammadiyah unggul, berkemajuan dalam berbagai aspek kehidupan," jelas Haedar.

Dia juga memastikan akan membawa Islam yang damai dan menyatukan untuk kemajuan masyarakat Indonesia. 

"Islam yang membawa damai, Islam yang menyatukan, Islam yang membangun optimisme, dan Islam yang menghadirkan kemajuan hidup seluruh masyarakat bangsa, negara dan kemanusian global," tambah dia.

Di sisi lain, ungkap Haedar, PP Muhammadiyah memiliki tanggung jawab untuk merangkul semua pihak dalam membahas isu strategis keumatan, kebangsaan dan kemanusiaan.

Haedar menambahkan hasil Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah ini akan menjadi masukan dalam kepemimpinannya lima tahun ke depan.

"Ketiga kami PP Muhammadiyah memiliki mandat untuk terus mendiskusikan dengan berbagai pihak mengenai isu strategis keumatan, kebangsaan, kemanusian universal sesuai porsi bidangnya, agar hasil muktamar ini juga terus kita jadikan masukan penting," katanya.

Lebih jauh Haedar mengatakan akan segera menyelenggarakan musyawarah dari tingkat wilayah hingga ranting untuk menjalankan program yang telah diputuskan dalam muktamar.

Pihaknya berharap musyawarah ini bisa selesai dalam waktu tiga bulan.

"Terakhir tentu kepemimpinan PP Muhammadiyah ini satu mata rantai terstruktur dengan pimpinan wilayah, daerah, cabang, ranting. Maka kepemimpinan kami harus mampu memobilisasi, membinanisasi seluruh gerak kepemimpinan secara nasional, yang insyaallah setelah muktamar ini akan diikuti musyawarah wilayah, musyawarah daerah, musyawarah cabang, musyawarah ranting," terang Haedar.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/20/160211678/kembali-jadi-ketua-pp-muhammadiyah-haedar-nashir-kami-secara-kolektif-siap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke