Salin Artikel

Karhutla di Rokan Hulu Capai 80 Hektar, Petugas Segel Lokasi Setelah Api Padam

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kebakaran menghanguskan hutan dan lahan di Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Rambah Serda Dedy Nofery Samosir menyebutkan, luas kebakaran hutan dan lahan mencapai 80 hektar.

Menurutnya, sampai hari ketiga ini api sudah padam.

"Kondisi di lokasi saat ini api sudah padam. Luas hutan dan lahan yang terbakar sekitar 80 hektar," sebut Dedy dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (11/7/2022).

Setelah api padam, tim gabungan dari TNI, Polri, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul melakukan pendinginan.

Hal itu dilakukan untuk memastikan api benar-benar sudah padam.

Dedy mengatakan, sejak awal ditemukan titik api karhutla, pemadaman hanya dilakukan petugas secara manual menggunakan kayu.

Sebab, di sekitar lokasi kebakaran tidak ada sumber air. Akses ke lokasi juga sulit dilalui petugas, karena areal perbukitan.

Setelah api padam, petugas menyegel lahan tersebut. Petugas memasang spanduk sebagai tanda lokasi karhutla itu dalam penyelidikan kepolisian.

Pihak kepolisian akan menyelidiki siapa pelaku yang membakar hutan tersebut.

"Tadi di lokasi kami pasang plang sebagai tanda penyelidikan kepolisian," kata Dedy.

Senada dengan Dedy, Kapolsek Rambah Iptu Syafruddin menyebutkan titik api karhutla sudah padam.

"Kondisi saat ini api sudah padam. Kami melanjutkan pendinginan. Luas hutan dan lahan yang terbakar lebih kurang 80 hektar di daerah perbukitan," kata Syafruddin.

Syafruddin mengimbau, kepada masyarakat tempatan yang ingin membuka lahan atau berkebun agar tidak dengan cara dibakar.

"Kami minta jangan membuka lahan dengan cara membakar. Karena, sangat berbahaya baik untuk lingkungan maupun untuk kesehatan. Kami juga mengajak masyarakat berperan aktif untuk mencegah karhutla," tutup Syafruddin.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran besar melanda hutan dan lahan di Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, Sabtu (9/7/2022).

Babinsa Koramil 02/Rambah, Kodim 0313/KPR, Serda Dedy Nofery Samosir kepada Kompas.com mengatakan, kebakaran diketahui sore hari pukul 15.00 WIB.

Titik api ditemukan melalui pantauan aplikasi satelit Lapan dan aplikasi Dashboard Lancang Kuning.

"Begitu ada titik api yang terpantau dari aplikasi, kami dari TNI Koramil 02/Rambah bersama Polri dan BPBD Rohul langsung menuju lokasi. Sampai di lokasi ditemukan titik api dan kami langsung melakukan pemadaman," kata Dedy melalui pesan WhatsApps, Sabtu malam.

Ia menyebut, kondisi saat ini api masih sulit dipadamkan.

Petugas juga terkendala melakukan pemadam, karena tidak ada sumber air. Akses ke lokasi juga ekstrem.

"Lokasi kebakaran berada di areal perbukitan tanah mineral, jadi sumber air sulit ditemukan," sebut Dedy.

Saat ini, kata dia, petugas memadamkan api hanya menggunakan ranting kayu. Sementara kebakaran terus meluas.

"Diperkirakan luas hutan dan lahan yang terbakar sekitar 50 hektar. Sampai malam ini, pemadaman kami lakukan secara manual pakai ranting pohon," kata Dedy.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/11/194530678/karhutla-di-rokan-hulu-capai-80-hektar-petugas-segel-lokasi-setelah-api

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke