Salin Artikel

Selain Keluarkan Rp 2,8 Miliar Perbaiki Jalan Rusak di Grobogan, Joko Mengaku Pernah Bangun Jalan di Bandung dan Subang

Jalan sepanjang 1,8 kilometer di tanah kelahirannya di Kecamatan Karangyung, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah tersebut sebetulnya sudah puluhan tahun diajukan untuk diperbaiki.

Namun, pemerintah atau dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Grobogan tidak memberikan respons.

Selain memperbaiki jalan di Grobogan dengan kocek pribadinya, Joko ternyata juga mengaku pernah memperbaiki jalan lain di luar kampung halamannya.

"Iya, bangun jalan di Kabupaten Bandung, Cicalengka, Subang, dan bangun 30 masjid di Jabar. Tapi, sudah enggak apa-apa lah, jangan dibesar-besarkan. Intinya, sebagai manusia kita harus berbagi," kata Joko Suranto, bos industri properti di Bandung ini saat dihubungi Kompas.com melalui telepon, Sabtu (16/4/2022).

Joko Suranto kini justru terkejut karena namanya viral dan menjadi perbincangan.

"Saya kaget kok ramai, takutnya lari ke mana-mana. Tetapi, saya punya tagline hidup, jangan takut berbuat baik," kata dia.

Becek dan banyak lubang

Kepala Desa Jetis sekaligus kakak kandung Joko Suranto, Suharmanik menjelaskan, jalan yang diperbaiki oleh adiknya di Grobogan, Jawa Tengah memang telah lama mengalami kerusakan.

"Ini jalan kabupaten di bawah naungan Dinas PUPR. Dulu lama sekali pernah diaspal tapi sudah lama juga hancur. Sudah 20 tahun ajukan perbaikan tapi tak direspons," tutur dia, Sabtu (16/4/2022).


Menurut Suharmanto, jalan tersebut merupakan salah satu jalur penghubung menuju Kabupaten Boyolali.

Kondisinya sangat memprihatinkan dan tak layak dilewati terutama saat hujan.

"Jalannya parah, banyak lubang, becek dan berdebu," kata dia.

Adapun perbaikan dilakukan dengan betonisasi selebar 4,5 meter. Saat ini proses perbaikan sudah hampir selesai atau telah mencapai 95 persen.

Pembangunan jalan, kata dia, dilakukan atas nama kemanusiaan dengan melibatkan 25 pekerja yang mayoritas dari warga sekitar.

Sebelum melakukan perbaikan besar-besaran tersebut, Joko sebelumnya juga telah mengeluarkan ratusan juta untuk pembangunan jalan itu.

"Intinya adik saya sudah habis kesabaran, karena setiap momen pulang ke kampung selalu kesulitan saat melintas. Bahkan sudah beberapa kali Dik Joko mengeluarkan uang seratusan juta untuk menghurug jalan, namun tetap saja rusak," ungkap Suharnanik.

Sumber: Kompas.com (Penulis : Kontributor Grobogan, Puthut Dwi Putranto Nugroho | Editor : Robertus Belarminus, Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://regional.kompas.com/read/2022/04/17/044634678/selain-keluarkan-rp-28-miliar-perbaiki-jalan-rusak-di-grobogan-joko-mengaku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke