Salin Artikel

Polisi Lacak Perekrut 21 Pekerja Ilegal Asal NTT yang Dijanjikan Kerja di Kaltim

Sebanyak 21 pekerja asal Kabupaten Belu dan Timor Tengah Utara, NTT, ini direkrut seorang pria berinisial MK. 

"Kalau sekarang perekrut belum dapat. Sampai saat ini polisi masih lacak keberadaan pelaku," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Flores Timur, Ramon Piran saat dihubungi, Selasa (29/3/2022).

Menurut Ramon, 21 tenaga kerja yang sempat diamankan sudah kembali ke kampung halaman.

"Kami dari dinas tenaga kerja intinya adalah bagaimana menyelamatkan tenaga kerja. 21 orang itu sudah kembali," ujarnya.

Sebelumnya, Pengawas Tenaga Kerja Provinsi NTT, Ozias Sae mengatakan, MK diduga kuat menjalankan misi perekrutan pekerja secara ilegal.

Sesuai rencana, 21 pekerja ini dijanjikan bekerja di PT Muara Citra Lestari, salah satu perusahaan kelapa sawit di Provinsi Kalimantan Timur.

"MK lolos saat kita sedang berusaha mengamankan para pekerja, sehingga kita fokus tangani 21 orang. Kalau dia berhasil diringkus, pasti kita akan proses ke polisi," ujar Ozias, Selasa (24/3/2022).

Ia mengatakan, para calon pekerja itu sudah berada di kota Larantuka selama tiga hari, dan sedang menunggu jadwal keberangkatan menggunakan Kapal Motor (KM) Lambelu.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/29/083454378/polisi-lacak-perekrut-21-pekerja-ilegal-asal-ntt-yang-dijanjikan-kerja-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke