Salin Artikel

Bukan Faktor Kesengajaan, Polisi Ungkap Penyebab Kebakaran Relokasi Pasar Johar Semarang

Hal itu terungkap berdasarkan hasil pemeriksaan di lokasi sumber api dan penelitian laboratorium forensik.

Korsleting

Kepala Laboratorium Forensik, Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Slamet Iswanto mengungkapkan kebakaran disebabkan karena korsleting.

Korsleting listrik itu terjadi karena beberapa faktor yakni adanya kelemahan instalasi listrik, kesalahan instalasi, kesalahan pemasangan elektrikal penerangan dan pemakaian daya.

"Akibat korsleting akhirnya membesar dan terjadi api kebakaran," kata Slamet kepada wartawan di Mapolrestabes Semarang, Sabtu (18/2/2022).

Berasal dari blok F4

Sebelumnya, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan olah TKP dan menangkap gambar lokasi kebakaran seluas 5.500 meter persegi melalui foto udara.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, Slamet menyebutkan, sumber api berasal dari blok F4 karena atap di bagian timur mengalami panas yang tinggi.

"Bisa simpulkan lokasi sumber api pertama ada di blok F pada lapak penjualan karung goni yang kami tandai tulisan LSAPK di pojok kanan atas," ujar Slamet.

Sebab, dari barang bukti yang diamankan yakni jelaga hingga kabel instalasi listrik tidak ditemukan zat pemercepat kebakaran.

"Dari pemeriksaan abu arang atau barang bukti nomor 1065, tidak terdapat zat pemercepat kebakaran. Kalau dilakukan sengaja dengan zat hidrokarbon seperti bahan bakar atau bahan lain maka kita akan temukan buktinya," tegasnya.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar menyebutkan, dari hasil pemeriksaan para saksi ditemukan kesesuaian dengan temuan olah TKP

"Ada kesesuaian antara temuan olah TKP di blok F4 dan keterangan saksi. Dari 26 saksi mengerucut ke 2 saksi kunci," kata Irwan.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (Hendi) mengingatkan kepada dinas terkait soal pemasangan instalasi listrik di ruang publik.

Selain itu, pedagang pasar diminta untuk saling mengingatkan. Hal ini dilakukan agar kejadian yang sudah kedua kalinya itu tidak terulang kembali.

"Dua kali kejadian karena korsleting, maka bisa lebih hati-hati untuk teman-teman pemkot dan pedagang," jelas Hendi.

Akibat peristiwa itu, Hendi menyebutkan, ada 393 pedagang yang terdampak.

Pihaknya akan mengecek satu persatu pasar di Kota Semarang agar menyediakan alat pemadam api ringan (Apar) yang sesuai.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/19/204113878/bukan-faktor-kesengajaan-polisi-ungkap-penyebab-kebakaran-relokasi-pasar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke