Salin Artikel

Walkot Semarang Janjikan Tempat Berjualan Baru untuk Korban Kebakaran Relokasi Pasar Johar

Pasalnya, ratusan kios dan barang dagangan milik para pedagang kini telah habis dilahap si jago merah.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) menyebut dalam peristiwa yang terjadi pada Rabu (2/2/2022) petang itu, kobaran api telah menghanguskan 16 blok di zona E dan F.

"Kebakaran yang cukup hebat menghabiskan di dua zona E dan F sekitar 16 blok. Jam 23.00 WIB api berhasil dipadamkan. Hari ini dilakukan pembersihan, dan menghormati hasil penelitian kepolisian terutama untuk bisa mengetahui penyebab kebakaran," jelas Hendi di Balai Kota Semarang, Kamis (3/2/2022).

Hendi memastikan tempat relokasi baru untuk para pedagang yang terdampak kebakaran akan segera dibangun menggunakan anggaran Biaya Tak Terduga (BTT) dari APBD.

"Dan tadi malam dari teman - teman pedagang saya mendengarkan mereka memerlukan tempat relokasi, sehingga akan kita bangun mengunakan BTT dari APBD," jelasnya.

Tujuannya, titik alternatif relokasi yang sesuai dengan keperluan pedagang dapat segera ditentukan.

"Ada beberapa alternatif titik relokasi dan sekarang Dinas Perdagangan Kota Semarang sedang mendata berapa jumlah pedagan yang terdampak musibah kebakaran tadi malam." ungkap Hendi.

Selain itu, Hendi juga telah meminta Bank Jateng untuk bisa memberikan skema bantuan untuk pedagang yang menjadi korban kebakaran.

Pihaknya memastikan Bank Jateng telah setuju untuk membuat sejumlah skema yang paling meringankan pedagang.

"Skema kredit yang tidak terlalu memberatkan dengan bunga yang lebih murah dari bunga komersil lain. Sehingga kawan - kawan bisa segera berjualan," tuturnya.

Untuk itu, Hendi mengatakan terkait bantuan bagi pedagang masih akan didiskusikan dengan lintas sektoral.

"Bantuan paling tidak relokasi support APBD pemerintah. Lainnya kita diskusi ke lintas sektoral. Saya segera ketemu korban apa yang mereka inginkan, kita serap, apa yang dibutuhkan biar cepat jualan," ungkapnya.

Di sisi lain, Hendi juga mengingatkan agar tidak ada yang mengaitkan kebakaran di relokasi Pasar Johar dengan proses undian lapak.

Ia meminta masyarakat untuk menunggu proses penyelidikan penyebab kebakaran yang sedang dilakukan jajaran kepolisian dan tidak menyebarkan hoaks yang dapat membuat situasi tidak kondusif.

"Tidak ada korelasinya antara undian lapak dengan kebakaran ini, ya kita serahkan kepada teman - teman kepolisian saja," tegasnya.

Sebelumnya, ratusan kios para pedagang di relokasi Pasar Johar, Kota Semarang hangus terbakar pada Rabu (2/2/2022).

Api mulai melahap pasar yang masih berada di Kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) ini sekitar pukul. 18.30 WIB.

Sumber api diketahui berasal dari kios yang berada di sisi Blok F.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/03/204808078/walkot-semarang-janjikan-tempat-berjualan-baru-untuk-korban-kebakaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke