Salin Artikel

Tingkatkan Pelayanan Publik, BKD Jabar Hadirkan Jabar SMART Birokrasi untuk Pacu Performa ASN

KOMPAS.com – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat (Jabar) Yerry mengatakan, Jabar SMART Birokrasi hadir untuk membantu kinerja aparatur sipil negara (ASN) dan meningkatkan atau memacu performanya sebagai pelayan publik.

“Dengan ASN dapat fokus berkinerja terbaik, maka masyarakat akan mendapatkan pelayanan yang optimal dari ASN Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar,” ucap Yerry dikutip dari Podcast ASN Jabar Ikut Biacara (AJIB) episode 28, Kamis (11/10/2021).

Pernyataan tersebut Yerry sampaikan menyusul peluncurkan “Jabar SMART Birokrasi” oleh BKD Jabar.

Ia mengatakan, ASN Jabar akan terbantu karena tujuh aplikasi layanan kepegawaian dalam Jabar SMART Birokrasi telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Aparatur Pemprov Jawa Barat (SIAp Jabar) dan Sistem Tanda Tangan Elektronik (TTE) Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE)

Adapun tujuh aplikasi dalam Jabar SMART Birokrasi, yakni e-Cuti untuk pengelolaan cuti PNS (1), e-Fungsional untuk pengajuan kompetensi dan pengangkatan Jabatan Fungsional (2), e-Kartu untuk fasilitasi penerbitan Kartu Istri , Kartu Suami, Kartu Pegawai dan Kartu Taspen (3).

Kemudian, e-KGB untuk proses kenaikan gaji berkala (4), e-Mutasi untuk manajemen dan pengajuan perpindahan PNS antarperangkat daerah (5), e-Pangkat untuk pengelolaan kenaikan pangkat PNS dari pengusulan sampai cetak SK (6), dan (e-Pensiun untuk pengajuan pensiun dari pengusulan sampai cetak SK Pensiun (7).

Yerry menuturkan, selain tujuh aplikasi tersebut, BKD Jabar juga mengembangkan fitur Executive Dashboard Kepegawaian yang berfungsi untuk memantau sejumlah aspek.

Salah satunya adalah aspek kompetensi dan pencapaian kinerja pegawai sehingga manajemen ASN Pemprov Jabar dilakukan secara akurat dan berbasis data.

“Pimpinan bisa mendapatkan informasi tentang aspek-aspek apa sajakah yang harus diusahakan untuk ditingkatkan di instansi masing-masing dalam rangka mencapai ASN Jabar yang profesional, andal, dan memberikan layanan prima kepada masyarakat,” tuturnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

Yerry mengatakan, aplikasi-aplikasi hasil inovasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh seluruh ASN di lingkungan Pemprov Jabar untuk mengakses layanan kepegawaian yang dibutuhkannya.

Adapun aplikasi Layanan tersebut dapat diakses melalui aplikasi SIAp Jabar dengan sistem Single Sign On (SSO).

"Jadi pegawai cukup masuk ke aplikasi SIAp Jabar, maka secara otomatis pegawai sudah dapat mengakses seluruh aplikasi Layanan Kepegawaian tersebut melalui Aplikasi SIAp Jabar,” jelasnya.

"Pengembangan aplikasi-aplikasi ini sudah dilakukan secara bertahap sejak Juni 2020 dan terus di sempurnakan. Pada 2021, dilakukan serangkaian uji coba untuk penyempurnaan aplikasi dan integrasi dengan sistem TTE BSRE sehingga proses layanan online di aplikasi bisa berjalan semakin efektif, efisien, dan aman,” imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/11/12353531/tingkatkan-pelayanan-publik-bkd-jabar-hadirkan-jabar-smart-birokrasi-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke