Salin Artikel

Dua Pekan Belum Ditemukan Kasus Covid-19 di Sekolah, Disdik Riau Pertimbangkan Menambah Durasi PTM

PEKANBARU, KOMPAS.com - Terhitung sudah dua pekan lamanya diberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di Provinsi Riau.

Dinas Pendidikan (Disdik) Riau mengklaim, sejauh ini belum ada ditemukan pelajar yang terpapar Covid-19 selama mengikuti PTM di sekolah.

"Alhamdulillah, pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di Riau aman dan terkendali," ucap Kepala Dinas Pendidikan Riau, Zul Ikram melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (21/9/2021).

Ia menjelaskan, secara umum belum ditemukan adanya kasus positif Covid-19 selama proses belajar mengajar di sekolah. Termasuk di sekolah asrama.

"Saya melihat penerapan sekolah boarding juga membantu meningkatkan imun anak,” kata Zul.

Menurutnya, setelah penerapan PTM terbatas di Riau berjalan, masih perlu dilakukan pengawasan terus terhadap sekolah.


Berencana menambah waktu pembelajaran

Ia juga mengatakan, apabila dalam sebulan ini tidak terjadi kasus yang meningkat, maka akan ada penerapan proses belajar mengajar dengan menambah durasi belajar di sekolah.

Kendati demikian, pihaknya perlu melakukan kajian bersama kepala sekolah, guru-guru, termasuk rekomendasi dari ahli epidemiologi.

“Dalam minggu ini, kita akan mengadakan rapat bersama kepala sekolah untuk mengisi link yang sudah dikirim ke pengawas sekolah, termasuk guru, dan link kehadiran siswa. Setiap pelaksanaan dilihat berlangsung terus-menerus dan dilaporkan,” kata Zul.

Kemudian, dari hasil pertemuan dengan kepala sekolah, pada minggu keempat nanti Dinas Pendidikan mengajak tim ahli epidemiologi untuk merekomendasikan bisa atau tidaknya adanya penambahan durasi PTM.

"Dari hasil epidemiologi kita akan ancang-ancang petunjuk teknis, pada bulan ketiga kebijakan apakah ditambah durasi atau jumlah yang masuk 50-50 atau 50 ke 70, tapi tetap harus rekomendasi tim gugus dan persetujuan kepala daerah," kata Zul.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/21/105554378/dua-pekan-belum-ditemukan-kasus-covid-19-di-sekolah-disdik-riau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke