Salin Artikel

Cuaca Ekstrem di Sumut, Warga Diminta Waspada Bencana

Perubahan cuaca dan iklim di Sumut berpotensi menimbulkan banjir, tanah longsor, angin kencang, dan dampak bencana alam lainnya.

Imbauan ini disampaikan Musa berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sebelumnya, BMKG mengingatkan cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat dan petir, hingga hujan es.

"Kita harus hati-hati dan waspada. Cuaca ekstrem akhir-akhir ini berpotensi mengakibatkan banjir, longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan lain-lain,” kata Musa yang akrab disapa Ijeck saat ditemui di kantornya, Selasa (24/8/2021).

Menurut BMKG, pada 24-26 Agustus 2021, wilayah Sumut termasuk daerah yang akan mengalami kondisi cuaca bervariasi.

"Hati-hati, BMKG sudah mengingatkan dari 24-26 Agustus, cuaca di daerah kita akan bervariasi. Sebagian besar akan berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," ujar Musa.

Sebagai tindak lanjut informasi tersebut, Ijeck memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut untuk sigap mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi.

Selain itu, Ijeck juga meminta BPBD Sumut untuk meningkatkan koordinasi dengan jajaran di bawahnya pada kabupaten/kota se-Sumut, agar setiap tindakan yang dibutuhkan dapat dipersiapkan secepatnya.

"Saya sudah perintahkan BPBD Provinsi agar bersiaga. Komunikasi dan koordinasi dengan kabupaten/kota harus lebih intens biar semuanya sudah siap sebelum dibutuhkan. Kita berdoa semoga Tuhan melindungi dan tetap dalam kondisi aman,” kata Musa.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/24/145932578/cuaca-ekstrem-di-sumut-warga-diminta-waspada-bencana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke