Salin Artikel

Angka Penularan Covid-19 di Sumsel Tertinggi Nasional, Mendagri: Akibat Kesadaran Prokes Masyarakat Menurun

KOMPAS.com - Jumlah kasus penularan Covid-19 di Sumatera Selatan menjadi sorotan pemerintah pusat. Sebab, jumlah kenaikan kasusnya tercatat mencapai angka 65 persen.

Lonjakan jumlah kasus Covid-19 tersebut diketahui tertinggi secara nasional.

"Ditempat-tempat lain bahkan diperkirakan yang ramai, seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur itu tidak lebih 30 persen (ketersediaan bed). Sempat wisma atlet itu mencapai 80 persen setelah Nataru. Sekarang mereka sudah stabil di bawah 30 persen artinya ada orang sakit Covid-19 bisa diterima tidak antre dan ditolak, nah ini (Sumsel) naik sampai 65 persen (penularan Covid) datanya,"kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat berkunjung ke Palembang, Minggu (2/5/2021).

Kesadaran masyarakat berkurang

Menurutnya, tingginya lonjakan kasus Covid-19 di Sumsel terjadi karena kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan menurun.

Hal itu terlihat dari banyaknya kerumunan yang terjadi di daerah tersebut dan banyak yang tak pakai masker.

"Saya muter kota Palembang, kondisi kesadaran prokesnya sudah menurun, pasar penuh tanpa masker, di jalan juga banyak yang enggak pakai masker. Acara kawinan di pinggir jalan penuh tidak pakai masker, kegiatan malam di Jakarta itu jam 10 malam sudah tutup, di Bandung juga sama," ujarnya.

Menyikapi tingginya lonjakan kasus itu, pihaknya meminta pemerintah daerah setempat dan juga aparat penegak hukum dapat lebih peka dengan kondisi tersebut.

Pasalnya, selain jumlah kasus aktif mengalami peningkatan, angka kematian di daerah tersebut juga telah mencapai angka 4,7 persen. Angka itu lebih tinggi dari nasional yang hanya 2,7 persen.

"Sumsel sekarang sudah lampu kuning dan menjadi perhatian. Aparat, tolong ya menghadapi Covid-19 ini bukan lari jarak pendek, ini lari marathon panjang, kita belum tahu kapan selesainya. Kalau global tidak selesai, indonesia akan terus berdampak, India sudah terjadi tsunami kematian di atas 3000 per hari, ini berdampak pada situasi gobal,"kata Tito.

Penulis : Kontributor Palembang, Aji YK Putra | Editor : Aprillia Ika

https://regional.kompas.com/read/2021/05/03/052448378/angka-penularan-covid-19-di-sumsel-tertinggi-nasional-mendagri-akibat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke