Salin Artikel

Harga Gabah Anjlok, Bupati Blora Akan Aktifkan Gudang SRG yang Mangkrak

BLORA, KOMPAS.com - Bupati Blora Arief Rohman berkeinginan untuk mengaktifkan kembali Sistem Resi Gudang (SRG) yang sempat mangkrak.

Keinginannya tersebut telah disampaikan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Kementerian Perdagangan beberapa hari lalu.

Dia menjelaskan, pengaktifan SRG dilakukan usai harga gabah di tingkat petani menurun.

Harga gabah petani saat itu hanya dihargai Rp 3.500 per kilogram.

"Kalau ada resi gudang ini nanti pemerintah bisa hadir, untuk membeli gabah para petani, kita serap terus nanti kita keringkan. Kita simpan untuk nantinya mungkin bisa kita pakai untuk dikembalikan lagi ke masyarakat dalam bentuk bantuan atau bentuk bantuan pangan non-tunai," ujar Arief Rohman, Rabu (17/3/2021).

Untuk dapat menerapkan SRG secara maksimal, pihaknya akan belajar dari Wonogiri yang sukses membuat para petani sejahtera.

"Kita membayangkan BUMD Petani, BUMP Badan Usaha Milik Petani, itu kita akan belajar di Wonogiri yang sudah bagus, di sana BUMP dengan SRG bisa sinergi untuk membantu penyerapan gabah dari petani," jelasnya.

Menurut dia, SRG harus dapat dioptimalkan pemanfaatannya demi kesejahteraan para petani.

"Jadi intinya kita ingin Blora ada badan usaha yang mengurusi soal pangan ini, karena itu potensi luar biasa dan selama ini daerah-daerah yang sudah punya badan usaha milik petani ini bisa membantu harga jual dan sebagainya," katanya.

Sekadar diketahui, gudang SRG di Desa Sidorejo, Kecamatan Kedungtuban, dibangun di lahan seluas 3.500 meter persegi milik Pemkab Blora.

Pembangunan gudang SRG bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU) dengan total anggaran mencapai Rp 4,84 miliar.

Daya tampung gudang mencapai 1.500 ton gabah.

Gudang SRG dilengkapi mesin pengering gabah berkapasitas 10 ton per delapan jam,lantai jemur gabah, ganset, listrik, tataan gabah, air, perkantoran dan mushala.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/17/171020078/harga-gabah-anjlok-bupati-blora-akan-aktifkan-gudang-srg-yang-mangkrak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke