Salin Artikel

Tak Terima Rekannya Ditangkap Polisi Hutan, Warga Blokade Jalan dengan Pos Ronda

Informasi yang diperoleh, penutupan dilakukan diduga karena warga tak terima tim Gakkum Dishut Provinsi NTB menangkap rekan mereka bernama Nasrul (40) yang merupakan seorang petani.

Nasrul ditangkap saat membersihkan lahan untuk menanam jagung di Nambe, kawasan desa setempat pada Jumat sekitar pukul 13.00 WITA. Ia ditangkap diduga melakukan pembabatan hutan.

Sejumlah warga yang tidak terima atas penangkapan tersebut melayangkan protes.

Mereka langsung melakukan aksi blokade jalan lintas Sumbawa dengan pos ronda dan membakar ban bekas. Warga juga menebang sejumlah pohon di pinggir jalan.

Penutupan itu membuat arus lintas lumpuh total. Kemacetan pun tak terhindarkan.

Kasat Reskrim Polres Dompu, Iptu Ivan Roland Cristofel mengatakan, aksi blokade jalan ini merupakan bentuk kekecewaan warga atas penangkapan rekan mereka oleh polisi kehutanan karena diduga melakukan pembabatan hutan.

"Hasil komunikasi kami dengan KPH, penangkapan dilakukan oleh anggota Gakkum dari provinsi. Terkait apa masalahnya, nanti KPH akan datang ke ke polres untuk menjelaskan," kata Ivan di lokasi kejadian.

Puluhan aparat kepolisian akhirnya diterjunkan ke lokasi guna mengendalikan situasi.

Setelah melakukan negosiasi cukup lama, jalan tersebut akhirnya dibuka. Arus lalu lintas pun kembali normal.

https://regional.kompas.com/read/2020/10/23/19311691/tak-terima-rekannya-ditangkap-polisi-hutan-warga-blokade-jalan-dengan-pos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke