Salin Artikel

WNI asal Jatim Sehat, Khofifah Minta Masyarakat Menerima dengan Baik

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 65 WNI Sabtu (15/2/2020) besok dijadwalkan kembali ke Jawa Timur, dari Wuhan, China, setelah melalui masa karantina di pulau Natuna akibat virus corona.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berpesan agar masyarakat menerima mereka dengan baik, karena mereka dalam kondisi sehat.

"Mereka sudah dinyatakan sehat dan mendapat surat keterangan sehat dari Kementerian Kesehatan," kata Khofifah, di Gedung Negara Gahadi Surabaya, Jumat (14/2/2020).

Mereka, kata Khofifah, juga sudah dikarantina selama 14 hari di Natuna.

"14 hari itu 2 kali masa inkubasi virus corona. Mereka masih sehat dan dinyatakan sehat," ujar dia.

Karena itu, Khofifah meminta agar masyarakat menerima para WNI tersebut dengan baik, lebih-lebih keluarga yang harus memberikan dukungan untuk mereka bisa kembali lagi berada di tengah-tengah masyarakat.

Selain masyarakat umum, kalangan kampus terutama mahasiswa juga diminta untuk bisa menerima rekan-rekan mahasiswanya kembali ke kampus untuk berkuliah.

"Karena sebagian besar WNI asal Jatim di Wuhan adalah mahasiswa," terang Khofiah.

Setelah menjalani masa observasi di Pulau Natuna sejak 2 Februari 2020, 238 WNI yang dievakuasi dari China akan segera pulang ke kampung halaman mereka masing-masing.

Mereka akan diterbangkan keluar dari Natuna pada Sabtu (15/2/2020) menuju Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Informasi ini berdasarkan keterangan yang disampaikan Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan Busroni, saat dimintai keterangan, Jumat (14/2/2020).

"Saat ini (pemulangan WNI dari Natuna) terjadwal besok (15/2/2020). Jam pastinya belum (belum diketahui). Pakai maskapai yang sama seperti kemarin," terang Busroni, saat dihubungi Kompas.com.

Para WNI tersebut rencananya akan diterbangkan menuju Bandara Halim Perdana Kusuma sebelum selanjutnya dipulangkan ke daerah masing-masing.

https://regional.kompas.com/read/2020/02/14/18413901/wni-asal-jatim-sehat-khofifah-minta-masyarakat-menerima-dengan-baik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke