Salin Artikel

Sumsel dan Babel Dihubungkan Kabel Listrik Bawah Laut Sepanjang 35 Kilometer

Kabel listrik bawah laut bakal sejalur dengan pemasangan kabel untuk jaringan komunikasi.

"Saat ini masih proses Amdal. Jika berjalan maka ketersediaan energi semakin baik," kata General Manager PLN Bangka Belitung Abdul Mukhlis, dalam pertemuan Babel CEO Forum di Pangkal Pinang, Selasa (18/12/2018).

Dia menuturkan, penarikan kabel bawah laut dimulai dari Tanjung Api-Api Sumatera Selatan hingga ke Muntok, Bangka Barat.

"Seiring persiapan pemasangan kabel bawah laut, kami juga menyiapkan kapasitas pembangkit. Akan dibangun PLTU 2 x 50 MW di Air Anyir Bangka dan 1 x 30 MW di Belitung," ujarnya.

Abdul memastikan, keandalan pasokan telah terjaga dengan adanya surplus energi serta penambahan pembangkit baru hingga tahun 2020.

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, menyambut adanya ketersediaan energi listrik untuk menunjang pertumbuhan industri.

"Daya saing investasi dengan adanya industri pengolahan. Dari timah saja ada 15 jenis mineral ikutan. Ini bisa memperkuat posisi tawar bangsa," kata Erzaldi.

Dalam pertemuan Babel CEO Forum di Pangkal Pinang, Erzaldi mengajak pelaku usaha untuk memperluas jenis usaha.

"Sekarang tidak ada alasan untuk industrilisasi hilir, karena energi kita surplus," tutupnya.

https://regional.kompas.com/read/2018/12/18/14211671/sumsel-dan-babel-dihubungkan-kabel-listrik-bawah-laut-sepanjang-35-kilometer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke