Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Membaik, Bayi Kembar Devina-Devani Bisa Pulang

Kompas.com - 19/04/2017, 15:19 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Balita kembar siam, Devina dan Devani, sudah bisa pulang ke rumahnya di Desa Kertajaya, Kabupaten Sumedang. Keputusan ini diambil tim dokter RSHS setelah melihat kondisi keduanya yang terus membaik.

“117 hari lalu, Devina-Devani masuk RSHS dengan kondisi dempet di bagian bawah pinggul. Berat keduanya saat itu 9,7 kg,” ujar anggota tim dokter RSHS, Julistio TB Djais dalam konferensi persnya, Rabu (19/4/2017).

Baca juga: Operasi Lebih Lama dari Perkiraan, Bayi Devina-Devani Berhasil Dipisahkan

Julistio menjelaskan, kedua balita tersebut bisa dipisahkan pada 15 Desember 2016 melalui operasi. Kasusnya yang tidak biasa membuat operasi berjalan sekitar 20 jam.

“Pasca-pemisahan, Devina-Devani dirawat di ruang GICU kemudian dipindah ke ruang perawatan anak Kenanga. Kondisi umum baik, berat badan Devani saat ini 10,3 kg, dan Devina 8,8 kg,” ucapnya.

Saat ini, pada keduanya terpasang cyststomy (alat untuk saluran kencing). Untuk merawat luka dan cystostomy, dokter dan perawat telah memberi edukasi kepada orangtua bagaimana cara merawatnya.

Ke depan, Devina dan Devani harus menjalankan kontrol setiap 2 miggu. Kontrol dilakukan untuk pemantauan nutrisi, dan pemeriksaan dari dokter urologi, bedah anak, ortopedi, dan bedah plastik.

Selain itu dilakukan evaluasi cystostomy setiap bulan serta pembuatan vaginoplasty (vagina buatan) serta anoplasty (anus buatan).

“Perawatannya belum selesai. Devina dan Devani juga belum mempunyai saluran pembuangan. Bayi Devina juga ada masalah, tungkainya tidak sesempurna yang satunya. Sebagian tungkainya diangkat,” imbuhnya.

Baca juga: Rp 300 Juta untuk Bayi Kembar Devina-Devani

Namun berdasarkan kondisi terakhir, luka kedua bayi sudah sembuh.

“Tinggal diberikan makan bagus agar tumbuh dengan baik. Koreksi kemungkinan dilakukan setelah enam bulan, misalnya terkait dengan lubang dubur,” tutupnya.

Kompas TV Kondisi bayi kembar siam yang didiagnosa memiliki dua kepala, tiga tangan, dua kaki, berangsur membaik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com