Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Lebih Lama dari Perkiraan, Bayi Devina-Devani Berhasil Dipisahkan

Kompas.com - 16/12/2016, 17:44 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung berhasil memisahkan bayi kembar siam asal Desa Kertajaya Kabupaten Sumedang Jawa Barat, Devina-Devani.

Operasi tersebut lebih lama dari yang dijadwalkan. Semula, operasi diperkirakan memakan waktu 16 jam, namun menjadi 20 jam. Hal ini dikarenakan kasus kembar siam Devina-Devani langka.

"Kami mulai operasi pada Pukul 05.30 WIB dan seluruh tahapan baru selesai pada Pukul 01.30 WIB Jumat dini hari," ungkap dr Nucki Nursjamsi SpOT, Direktur Medik dan Keperawatan RSHS Bandung dalam rilisnya Jumat (16/12/2016).

Nucki menjelaskan, Devina dan Devani hanya memiliki satu lubang anus dan mengalami dempet dari bagian punggung hingga bokong. Kondisi ini menurut dia mengharuskan tim dokter untuk membuat saluran pembuangan dan penutupan kulit kaki dengan menggunakan kulit baru.

"Organ atas normal ya, masing-masing memiliki satu, kendalanya ada di organ bawah kedua bayi itu, sehingga kami harus melakukan tindakan membuat saluran pembuangan dan mengganti kulit kaki," katanya.

Saat ini, Devina dan Devani masih kritis. Pendampingan 24 jam oleh tim dokter yang beranggotakan 53 orang di ruang ICU ini terus dilakukan.

Sementara itu, Direktur Utama Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung Ayi Djembarsari menuturkan operasi bayi kembar siam Devina dan Devani memakan biaya lebih dari Rp 500 juta.

"Total biaya kami estimasikan sekitar Rp500 Juta lebih, keluarga Devina Devani memang anggota BPJS Kesehatan, tetapi (BPJS) hanya mampu menutup Rp 20 Juta saja," kata Ayi.

Kekurangan biaya tersebut akan ditanggung Golkar Jabar. Hal itu disampaikan Ketua DPD Golkar Jabar, Dedi Mulyadi. "Soal biaya jangan khawatir, " tuturnya.

Sementara itu, ayah Devina-Devani, Endi Heidi berharap semua pihak mendoakan kesembuhan kedua anaknya. Ia berterima kasih pada rumah sakit dan Golkar yang telah membantunya sejak awal. 

Baca: Tim Dokter RSHS Akan Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Dempet Dada

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com