Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Pembobol ATM di Ambon Diringkus Polisi

Kompas.com - 05/10/2016, 13:52 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Pelaku pembobolan anjungan tunai mandiri (ATM) milik Bank Mandiri yang berlokasi di Jalan Sultan Babullah, depan Masjid Raya Alfatah, Ambon, akhirnya diringkus aparat kepolisian.

Kepala Satuan Reskrim Polres Pulau Ambon, AKP Baiquni Wibowo kepada waratwan, Rabu (5/10/2016) menjelaskan, pelaku, Fikri Aco Ruslan (17), ditangkap di rumahnya pada Selasa (4/10/2106) sore setelah polisi melihat rekaman CCTV yang diamankan dari dalam ATM tersebut.

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan, pelaku membobol dan merusak ATM Bank Mandiri setelah ia bersama tiga rekannya berpesta minuman keras tak jauh dari lokasi kejadian.

“Jadi setelah mabuk, pelaku ini mengambil batu dan masuk ke dalam ATM, selanjutnya dia merusak dan berusaha membobol ATM,” kata Baiquni.

Menurutnya, tiga rekan pelaku tidak ditetapkan sebagai tersangka dan hanya dikenai wajib lapor, karena ketiganya tidak terlibat dalam aksi perusakan ATM tersebut.

"Mereka hanya dikenai wajib lapor saja, karena memang mereka tidak terlibat membobol ATM,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, atas perbuatannya itu pelaku dijerat Pasal 363 ayat 1 junto Pasal 55 KUHP atau pasal 406 dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

Diberitakan sebelumnya, mesin ATM Bank Mandiri di Jalan Sultan Babullah, depan Masjid Raya Alfatah, Ambon, dibobol maling pada Selasa (4/10/2016).

Meski tidak bisa membawa kabur uang tunai yang ada di dalam berangkas, namun akibat peristiwa itu, mesin ATM milik Bank Mandiri mengalami kerusakan parah.

Baca juga: ATM Bank Mandiri Dibobol Maling, Uangnya Masih Utuh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com