Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resah HGU Dicabut, Ratusan Karyawan Perkebunan "Duduki" Kantor DPRD Nunukan

Kompas.com - 03/10/2016, 10:17 WIB
Sukoco

Penulis

NUNUKAN,KOMPAS.com - Ratusan karyawan PT Nunukan Jaya Lestari menduduki kantor DPRD Nunukan Kalimantan Utara yang berada di jalan Uang Dewa. Mereka menggunakan kendaraan truk untuk menuju kantor DPRD.

"Yang turun sekitar 300 karyawan. Kemungkinan yang lain akan turun karena mereka juga resah," ujar Koordinator aksi Abdul Hamid Sutoy Senin (3/10/2016).

Ratusan karyawan perusahaan perkebunan itu menuntut penjelasan dari pemerintah daerah terkait penyelesaian tumpang tindih lahan antara PT NJL dan PT Adindo Hutani Lestari. Mereka mengaku resah dengan nasib mereka terkait keluarnya SK Menteri Agraria dan Tata Ruang RI no:1/Pbt/KEM-ATR/BPN/2016 terkait pemcabutan Hak Guna Usaha (HGU) milik PT NJL.

"Nasib kita mau dikemanakan kalau perusahaan ditutup. Kita mau tahu," sebut Hamid.

Puluhan anggota Polres Nunukan langsung diterjiunkan ke kantor DPRD Nunukan untuk menjaga keamanan jalanya aksi para buruh tersebut.

Ratusan buruh tersebut mengaku akan menginap di kantor DPRD Nunukan hingga mereka mendapat kejelasan tentang nasib mereka.

"Kita akan bertaham disini sebelum dapat kejelasan nasib kami," ujar Sarifudin, salah satu pekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com