Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Siapkan "Duty Manager" agar Layanan Publik Ramah seperti di Hotel

Kompas.com - 12/07/2016, 06:01 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil ingin merekrut petugas khusus yang diberi nama duty manager. Tugasnya memastikan pelayanan ramah kepada publik.

Ridwan menjelaskan, program dari Inspektorat Pemkot Bandung tersebut terinspirasi dari pelayanan bank atau hotel. Duty manager bertanggung jawab dalam proses pelayanan publik.

"Sedang persiapan program dari Inspektorat, namanya duty manager. Nanti ada orang khusus seperti di bank yang memastikan pelayanan publik itu sesuai ekspektasi masyarakat akurat," kata Ridwan  di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (11/7/2016),

Duty manager akan disebar ke seluruh satuan kerja perangkat daerah yang bersentuhan dengan pelayanan publik.

Petugas tersebut juga diperbantukan di tiap kecamatan dan kelurahan untuk memastikan pelayanan masyarakat berjalan prima.

"Kalau dulu pimpinan tertinggi pelayanan individu kan camat, tapi camat kan enggak hanya mengurus pelayanan individu. Nah, ini duty manager yang memastikan warga dilayani, itu ada orang yang penanggung jawab wilayahnya," kata Emil, sapaan Ridwan.

Duty manager kemungkinan besar tidak akan dijabat oleh pegawai negeri sipil.

"Kemungkinan orangnya bukan PNS. Nanti kita rekrut, misalkan Anda nanti jadi duty manager Disdukcapil, urutan kerjanya memastikan (semua SKPD yang berhubungan dengan pelayanan publik) di kelurahan, kecamatan, sehingga bisa cepat, akurat, ramah," kata dia.

Layaknya managjer sebuah hotel, duty manager tersebut punya kewenangan memberikan pengawasan dan teguran kepada petugas. Selain itu, duty manager juga wajib membuat laporan evaluasi kepada Wali Kota.

"Nanti dia bisa menegur, selama ini kalau ada keluhan layanan disitu pasti larinya ke lurahnya, camatnya, nah ini masuk manager. Mulai di anggaran perubahan, sekarang sedang dibahas anggarannya," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com