Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Kebun Binatang Bandung Sangat Memprihatinkan

Kompas.com - 11/05/2016, 11:03 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meninjau kondisi Kebun Binatang Bandung, Rabu (11/5/2016). Dia datang untuk melihat sekaligus menindaklanjuti keluhan warga soal kesemrawutan tata kelola Kebun Binatang Bandung.

"Ini sangat memprihatinkan, jadi mewakili kekecewaan dari banyak pihak tak hanya warga Bandung, pengunjung, juga dari Pemkot Bandung," ucap Emil, sapaan akrabnya.

Emil mengaku telah memanggil Yayasan Marga Satwa Taman Sari, selaku pengelola Kebun Binatang Bandung sejak 2013 lalu. Namun, hingga kini masukan dan imbauannya tak mendapat respons.

"Dari tahun 2013 saya panggil pengelola kebun binatang, sudah saya tawarkan agar pengelolaan kebun binatang lebih profesional," ucapnya.

Sebab itu, dia meminta agar pengelola kebun binatang lebih responsif terhadap keluhan masyarakat dan terbuka dengan masukan dari Pemkot Bandung.

"Intinya masukan dari warga baik dalam bentuk tertulis dalam bentuk petisi saya kira harus diperhatikan serius oleh pengelola kebun binatang. Kalau memang ada ketidaksanggupan dari sisi anggaran ya membuka diri saja terhadap bantuan dan investasi dari luar," tuturnya.

Meski milik pribadi, kata Emil, keberadaan kebun binatang bisa memberi edukasi sekaligus kenyamanan bagi masyarakat.

"Kan yang ingin kita hadirkan adalah tempat yang baik tidak hanya bagi pengunjung juga buat binatangnya. Kalau memang tidak ada duitnya, tidak ada kapasitas mengembangkan sesuai prikebinatangan dan standar," ungkapnya.

(Baca juga: Ridwan Kamil Jenguk Gajah Sumatera yang Sekarat di Kebun Binatang)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com