Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Diminta Selamatkan Kebun Binatang Bandung

Kompas.com - 10/05/2016, 11:44 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Sejumlah warga menilai pengelolaan Kebun Binatang Bandung buruk. Mereka pun membuat petisi bertajuk "Save Bandung Zoo" di laman www.change.org.

Mereka membuat petisi agar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil segera turun tangan membenahi pengelolaan Kebun Binatang Bandung yang saat ini dipegang Yayasan Marga Satwa.

"Kebun binatang seharusnya mampu menjadi sarana rekreasi dan pendidikan serta menjadi wadah yang kondusif dalam riset, penelitian, dan konservasi alam, khususnya hewan. Namun, yang menjadi masalah adalah Kebun Binatang Bandung tidak dapat memenuhi fungsi tersebut," begitu bunyi petisi tersebut.

"Kebun Binatang Bandung tidak mampu menyediakan sarana dan prasarana yang baik bagi hewan maupun bagi pengunjung. Beberapa binatang terlihat tidak terurus dan kurus, kandang-kandang kotor, berkarat, dan bolong atapnya, sampah berserakan, tidak ada sarana bagi kaum difabel, tidak ada larangan memberi makan pada hewan, sampai pada kurangnya fasilitas belajar bagi pengunjung," tulis komunitas Save Bandung Zoo.

Dalam petisi itu, komunitas Save Bandung Zoo juga mengkritik buruknya sarana penunjang bagi hewan di Kebun Binatang Bandung.

"Kebun Binatang Bandung harus segera diperbaiki sebagai bentuk pertanggungjawaban kita terhadap lingkungan hidup. Kita harus berani melakukan aksi nyata ketika banyak orang hanya berdiam. Perlu diingat, kondisi kelayakan Kebun Binatang Bandung bukanlah tanggung jawab satu pihak saja, melainkan merupakan tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat juga," lanjutnya.

Komunitas Save Bandung Zoo mendesak Pemerintah Kota Bandung dan pemilik Kebun Binatang Bandung untuk lebih memperhatikan kondisi Kebun Binatang Bandung agar segera diperbaiki.

"Saatnya kita bersuara, saatnya kita melakukan perubahan terhadap Kebun Binatang Bandung agar menjadi tempat yang lebih layak. Mari bersama-sama membenahi Kebun Binatang Bandung menjadi lebih baik," katanya.

Hingga berita ini tayang, sudah 1.539 pendukung yang mendatangi petisi ini.

baca juga: Ridwan Kamil: Semoga Tak Ada yang Mati Telantar di Kebun Binatang Bandung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com