Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulcok, Si "Kalkulator Berjalan" yang Doyan Kecap

Kompas.com - 18/02/2016, 09:35 WIB
KOMPAS.com — Karena kemampuannya berhitung rumit, mulai dari penambahan, pengurangan, perkalian, hingga pembagian, Ruslan Yusuf (26) alias Ullang Commok (Ulcok) dikenal sebagai "kalkulator berjalan".

Kemampuan Ulcok berhitung rumit ditunjukkannya di hadapan doktor Matematika dari Universitas Negeri Makassar Dr Asdar dan seorang tentor program pendidikan JILC di kantor Redaksi Tribun Timur di Makassar, Selasa (16/2/2016).

(Baca juga: Ulcok dari Makassar, Tak Lulus SD tetapi Jago Hitung-hitungan Rumit)

Penggemar batu akik tersebut juga bertutur, selain mampu berhitung rumit nan cepat, dia juga sudah bisa membaca sebelum masuk SD pada sekitar tahun 1995. Padahal, saat itu, Ulcok tidak pernah sekolah di taman kanak-kanak (TK).

Kemampuan Ulcok itu hanya didapatkan melalui otodidak.

Ulcok memiliki daya ingat yang luar biasa. Anda boleh percaya atau tidak, dia mampu mengingat semua nama teman kelas di SD, hari, jam, menit, lahir, dan semua hari ulang tahun saudaranya.

Dia juga langsung hafal seluruh isi Al Quran hanya dengan mendengarnya sebanyak tiga kali.

Ulcok juga bisa membaca tulisan latin dengan posisi terbalik. Bukan sekadar bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga bisa dibacanya. Kemampuannya ini ditunjukkan di depan Wakil Ketua Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia Farid Wajdi, yang tengah berkunjung ke Redaksi Tribun Timur, Makassar.

Farid mengaku kagum melihat kemampuan yang dimiliki Ulcok.

(Baca juga: Ulcok Pernah Ditantang Adu Cepat Berhitung Lawan Kalkulator dan Menang)

Doyan kecap

Ulcok mengaku tidak ada hal yang istimewa dalam kesehariannya sehingga mampu berhitung rumit. Ketika ditanya makanan favoritnya, dia menyebutkan kecap.

Saat kemampuan berhitungnya diuji di kantor Tribun Timur, Jl Cenderawasih Nomor 430, Makassar, Selasa (16/2/2016), Ulcok bahkan meminta kecap.

"Mana kecapku, Om, katanya tadi saya mau dikasih," kata Ulcok dengan polos di hadapan jurnalis Tribun dan dosen yang mengujinya.

"Saya suka sekali makan pakai kecap, Om," ungkapnya.

Ulcok membuat warga Makassar berdecak kagum lantaran video aksinya berhitung rumit tanpa alat bantu menjadi viral di dunia maya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com