Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Sultan Akan Jelaskan "Sabda Raja" dan "Dawuh Raja" di Dalem Wironegaran.

Kompas.com - 08/05/2015, 12:33 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X akan memberikan penjelasan kepada publik terkait Sabda Raja dan Dawuh Raja yang dikeluarkannya beberapa waktu lalu. Penjelasan itu akan disampaikan Sultan di kediaman GKR Mangkubumi, Dalem Wironegaran, pada Jumat (8/5/2015) sore ini.

"Nanti kalau pers mau datang, monggo saja," kata Sultan singkat, Jumat pagi.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi soal pertemuanya dengan 6 putra Sri Sultan HB IX dari KRA Ciptamurti, Sri Sultan mengungkapkan bahwa permbicaraan pada Kamis (07/05/2015) petang kemarin, bersifat internal. Enam putra Sri Sultan HB IX dari KRA Ciptamurti yang bertemu dengan Sri Sultan HB X di Keraton, yakni GBPH Suryodiningrat, GBPH Pakuningrat, GBPH Cokroningrat, GBPH Suryomentaram, GBPH Hadinegoro, dan GBPH Suryonegoro.

"Masak saya buka, itu kan internal," katanya.

Seperti diketahui, Sabda Raja dan Dawuh Raja yang di keluarkan oleh Sri Sultan HB X beberapa waktu lalu menuai pro dan kontra di kalangan kerabat Keraton Yogyakarta. Para adik Sultan tak mendukung sabda dan dawuh yang dikeluarkannya.

Sabda raja pertama dikeluarkan pada Kamis (30/4/2015), antara lain berisi perubahan gelar raja dari Sultan Hamengku Buwono menjadi Sultan Hamengku Bawono.

Sabda raja kedua dikeluarkan pada Selasa (5/5/2015), antara lain berisi penetapan nama baru bagi putri pertama Sultan, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Pembayun, menjadi Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi Hamemayu Hayuning Bawono Langgeng ing Mataram. Beberapa abdi dalem dan keraton menyebut, GKR Pembayun telah ditetapkan sebagai putri mahkota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com