Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pilkada Jatim, Ada 19 Kursi Kepala Daerah yang Akan Kosong

Kompas.com - 13/03/2015, 16:19 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, mengaku sudah menyiapkan pejabat sementara untuk mengisi 19 posisi kepala daerah di Jatim. Mereka sudah dipilih melalui uji kelayakan, dan siap bertugas kapan dan di mana saja. Hasil uji kelayakan kata Soekarwo menyaring 23 pejabat dari puluhan pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Jatim yang mengikuti uji kelayakan.

"Dari 23 itu, akan disaring lagi menjadi 19 pejabat untuk 19 daerah yang Desember nanti menggelar Pilkada serentak," katanya, Jumat (13/3/2015).

Soekarwo enggan membocorkan siapa nama-nama pejabat sementara itu, dia hanya memastikan, mereka sudah melalui proses uji kelayakan dan "assesment".

"Semuanya diukur, dari sisi kompetensi, profesionalisme, integritas, maupun kemampuan fisiknya," terang Soekarwo.

Pihaknya hanya tinggal menunggu petunjuk teknis dari KPU daerah, dan berakhirnya masa jabatan kepala daerah setempat.

Ke-19 pejabat sementara itu akan mengisi jabatan kepala daerah yang berakhir masa jabatannya sepanjang 2015 hingga pertengahan 2016, hingga terpilih kepala daerah secara definitif melalui proses pilkada serentak Desember nanti.

Pilkada serentak di Jatim digelar di 19 kabupaten/kota pada Desember mendatang, yakni di Ngawi, Kota Blitar, Lamongan, Jember, Ponorogo, Kediri, Situbondo, Gresik, Kota Surabaya, Trenggalek, Kota Pasuruan, Mojokerto, Sumenep, Banyuwangi, Malang, Sidoarjo, Pacitan, Tuban, dan Kabupaten Blitar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com