Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Jakarta-Surabaya Terbakar di Tol Semarang

Kompas.com - 07/08/2014, 15:41 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com - Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Sari Indah jurusan Jakarta - Surabaya bernomor polisi L 7903 UD hangus terbakar di depan pintu tol Tembalang Semarang, Kamis (7/8/2014) siang. Kebakaran bus terjadi pada pukul 12.30 WIB tadi dan tidak menimbulkan korban jiwa.

"Saya awalnya tidur dan dibangunkan teman untuk bergantian nyetir. Bus itu kemudian menepi hingga berhenti di depan pintu tol. Tapi saat saya mau gantikan, saya lihat asap dari bawah setir," ujar sopir bus, Pitut Sukiranto (44), Kamis (7/8/2014).

Sang kernet bus kemudian memeriksa mesin bus dan sekalian akan mengganti accu. Namun kernet melihat banyak percikan api di mesin.

Kernet kemudian memberitahukan hal itu ke Pitut. Lalu Pitut meminta seluruh penumpang agar segera keluar dari bus.

"Saat mau buka mesin, asapnya sudah sangat banyak. Ada juga percikan api. Accu belum sempat dilepas, susah karena asapnya malah semakin banyak. Setelah itu, apinya langsung membakar bus, bahkan ada suara ledakan satu kali," papar Pitut.

Kebakaran bus sempat memacetkan jalur tol sepanjang 1 kilometer. Seluruh bagian bus terbakar, serta satu buah motor Kawasaki Ninja yang berada di bus juga turut hangus.

Tidak berselang lama, mobil pemadam kebakaran datang untuk memadamkan api yang melalap bus. Dalam waktu yang cukup singkat, api bisa dipadamkan.

Bus tersebut sedianya hendak pergi menuju Surabaya via Solo. Menurut Pitut, busnya sempat mengalami macet panjang di Jembatan Comal, Kabupaten Pemalang selama hampir empat jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com