Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Antisipasi Masuknya ISIS ke Kota Ambon

Kompas.com - 06/08/2014, 17:25 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Kepala Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKBP Bintang Juliana, meminta seluruh komponen masyarakat di Kota Ambon dapat bekerja sama untuk menolak masuknya Kelompok Negara Islam Irak dan Suria (ISIS) di Kota itu.

“ISIS harus diperangi secara bersama. Karena kita tahu ISIS ini kelompok yang sangat berbahaya dan meresahkan masyarakat,” ungkap Bintang kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Rabu (6/8/2014).

Bintang mengatakan, untuk mengantisipasi masuknya ISIS di Kota Ambon, sangat dibutuhkan peran aktif seluruh komponen masyarakat, terutama para tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat.

”Selain itu, tokoh-tokoh pendidikan juga harus berperan, khususnya di sekolah-sekolah harus dijelaskan kepada para siswa tentang ISIS ini,” kata dia.

Dia menjelaskan, ISIS merupakan salah satu kelompok paling berbahaya karena tindakan mereka sangat tidak berperikemanusiaan. Karena itu, ISIS harus dilawan dan ditolak masyarakat di Ambon.

Bintang pun meminta masyarakat agar segera melaporkan kepada pihak berwajib jika ada kelompok atau orang yang dicurigai membawa pengaruh ISIS di Ambon. ”Kalau ada yang mendoktrin atau memengaruhi masyarakat untuk masuk ISIS, tolong disampaikan kepada kami,” ujar dia.

Demi mengantisipasi hal itu, Bintang menjelaskan bahwa saat ini bersama TNI terus mendeteksi keberadaan kelompok tersebut di Ambon. ”Kami sudah mengambil langkah-langkah, personel sudah diturunkan di lapangan, para kapolsek dan danramil juga sudah mulai berjalan sesuai perintah kapolda dan pangdam. Jadi, kami butuh kerja sama masyarakat,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com