Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Cepat Pilgub Lampung, Ridho-Bakhtiar Bersaing dengan Herman-Zainudin

Kompas.com - 10/04/2014, 14:16 WIB
LAMPUNG, KOMPAS.com - Hasil hitung cepat yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consultant (SMRC) menunjukkan pasangan M Ridho Ficardo-Bakhtiar Basri, meraih suara tertinggi mencapai 43,66 persen. Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Lampung yang diusung Partai Demokrat dan partai pendukungnya itu diprediksi memenangi Peilihan gubernur Lampung yang digelar bersamaan dengan Pemilu Legislatif, kemarin.

Hasil pendataan yang dikumpulkan lembaga survei tersebut di Bandarlampung, Kamis (10/4/2014), itu sudah mencapai 100 persen dari sampling yang disebar pada 300 tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Lampung. Jumlah suara tak sah dari sampel yang diambil lembaga tersebut mencapai enam persen.

Sementara itu, Herman HN-Zainudin Hasan, pasangan calon lain yang diusung PAN dan parpol nonparlemen, memeroleh suara 32,94 persen. Sedangkan pasangan yang diusung PDI Perjuangan dan partai koalisinya, Berlian Tihang- Mukhlis Basri, memeroleh 15,7 persen sedangkan pasangan yang diusung Partai Golkar dan pendukungnya, Alzier Dianis Thabranie-Lukman Hakim, hanya meraih suara 7,7 persen.

Hasil yang berbeda ditunjukkan dalam hitung cepat Pusat Studi Strategi dan Kebijakan (Pussbik) Lampung. Berdasarkan rilis yang disampaikan Direktur Eksekutif Pussbik Lampung Aryanto Yusuf, pasangan yang meraih suara terbanyak adalah pasangan Herman HN-Zainudin Hasan dengan perolehan 447.225 suara (46 persen). Data sementara ini tercatat hingga pukul 12.30 Wib dari 678 desa/kelurahan di Lampung dengan total suara masuk mencapai 979.828.

Berdasarkan hitung cepat Pussbik Lampung pula, di tempat kedua adalah pasangan M Ridho Ficardo-Bakhtiar Basri dengan perolehan suara 338.354 (34 persen), lalu Berlian Tihang-Mukhlis Basri dengan 135.444 suara (14 persen), dan Alzier Dianis Thabranie-Lukman Hakim dengan 58.805 suara (6 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com