Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Bom Ikan Ditemukan di Jaket Bajing Loncat

Kompas.com - 28/01/2014, 16:25 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Lima buah bom rakitan jenis bondet atau bom ikan ditemukan di dalam jaket seorang perampok yang ditembak mati polisi di Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (28/1/2014) dini hari. Bom tersebut akan diledakkan dengan dilempar jika perampok tersebut dalam kondisi terdesak atau tertekan.

Lima buah bom ikan berdiameter sekitar empat sentimeter yang terbungkus tali berwarna hijau, dan terdapat sumbu di ujungnya itu ditemukan dalam jaket Rohim (37). Perampok spesialis truk atau yang biasa disebut "bajing loncat" itu tewas ditembak polisi karena melawan dengan senjata tajam saat ditangkap di kawasan Jalan Raya Ngoro, Pasuruan.

Selain bom ikan, polisi juga mengamankan pisau sepanjang 20 sentimeter yang dipakai melawan polisi. "Bom itu akan dilempar jika situasinya terdesak, atau pelaku merasa tertekan," kata Kasubid Penmas, Polda Jawa Timur, Selasa (28/1/2014).

Warga Desa Tanjungrejo, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo itu merupakan buronan kasus pencurian dengan kekerasan yang kerap beraksi di sejumlah daerah seperti Malang, Pasuruan, Mojokerto, Batu, Sidoarjo, dan Pacitan.

"Buron itu sudah dibuntuti polisi sejak sepekan lalu, saat dia terakhir beraksi di wilayah Pacitan," tambahnya.

Rohim adalah salah satu anggota kelompok spesialis pencurian dengan kekerasan. Sebagian besar rekannya sudah ditangkap.

Kelompok ini kerap membajak truk-truk yang melintas di jalan saat malam hari, merampas barang bawaannya, dan melumpuhkan sopir dan kondekturnya dengan disekap. "Kelompok ini menurut laporan juga kerap membobol rumah-rumah mewah," pungkas Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com